Beranda Berita DPRD Pemilu 2018 Pakai Sainte Lague Murni, Ratu Chumairoh: Ini Peluang PPP Meraih...

Pemilu 2018 Pakai Sainte Lague Murni, Ratu Chumairoh: Ini Peluang PPP Meraih Banyak kursi

BERBAGI

Tangsel, Beritatangsel.com – Diberlakukannya metode Sainte Lague Murni (SLM) pada pemilu 2019 nanti, sempat memicu suasana panas dalam dunia politik di negeri ini. Bahkan, saat disahkannya metode ini beberapa fraksi oposisi pemerintah menentang keras dengan melakukan walk out dalam pengesahan undang-undang pemilu ini.

Perlu diketahui, Metode Sainte Lague atau yang dipadankan dengan Metoda Divisor Webster (Pemilu Amerika Serikat), memberikan jaminan dan perlakuan netral dan tidak berat sebelah kepada setiap partai politik dalam perolehan suara-kursi.

Dengan kata lain, partai besar di dapil akan diganjar kursi sesuai dengan porsi suaranya, sedangkan partai menengah kecil (di dapil) akan ditarik pada garis yang lebih netral. Metoda Sainte Lague/Webster/Scheper ini hasilnya lebih dekat dengan Kuota Hare/ Hamilton/ Niemeyer dibandingkan Metoda Hitung lain seperti D’Hondt ataupun Modifikasi Sainte Lague.

Hal ini dilihat Ratu Chumairoh Noor politisi PPP yang juga menjabat anggota DPRD Tangsel, sebagai peluang besar mengeruk suara diparlemen. Menurutnya, metode SLM tidak akan menyurutkan suara partai berlambang Ka’bah itu.

“Dengan sistem SLM tidak akan menyurutkan suara PPP di Tangsel, Sebaliknya dengan sistem ini membuka peluang untuk PPP meraih lebih dari 2 kursi” Ungkapnya.

Ia pun merasa sangat optimis bahwa Partai besar tempatnya bernaung ini akan meraih banyak kursi meski harus menggunakan metode SLM.

“SLM bukan satu halangan untuk meraih kursi lebih banyak diparlemen” Pungkasnya.(Red) 

Baca Juga :  Mau Pola Hidup Sehat? Yuk Ikuti 8 Tips Ini