Beranda Berita DPRD DPRD Tangsel Pertanyakan Kinerja DLH dan Disperindag Terkait Penanganan Sampah

DPRD Tangsel Pertanyakan Kinerja DLH dan Disperindag Terkait Penanganan Sampah

BERBAGI

Serpong, Beritatangsel.com – Tata kelola beberapa pasar yang berada di Kota Tangsel yang masih semrawut sehingga menimbulkan kesan kumuh dan jorok.

Hal itu diungkapkan Anggota Komisi I DPRD Tangsel Ratu Chumairoh Noor. Dirinya mempertanyakan permasalahan kinerja dinas yang terkait dalam menangani masalah sampah di pasar tradisional.

Menurutnya, pengangkutan sampah yang tidak tertib, juga menjadi salah satu rantai dari masalah sampah ini.

“Ada yang salah terkait tata kelola pasar, Penyerahan aset dari pemkab mestinya harus lebih baik, Pengelola pasar harus menyediakan sarana dan prasarana yang lebih memadai, Renovasi pasar harus jadi bagian dari solusi, Keberadaan pasar tradisional harus didukung sarana dan prasarana yang mampu menjawab kebutuhan masyarakat modern, mestinya pengelolaan pasar diserahkan pada BUMD, agar profesional, ” tutur Chumairoh kepada Beritatangsel.com via aplikasi WhatsApp. Senin (7/8/2017).

Selain itu, masih kata Chumairoh, Pungutan liar salah satu penyebab munculnya premanisme. Dari premanisme itulah muncul perilaku-perilaku buruk yang semakin menurunkan citra pasar tradisional.

“Pemerintah harus benar-benar memperhatikan kualitas sumber daya manusia yang ada dalam pelaksanaan pengelolaan pasar tradisional di Kota Tangsel, ” ujar politisi PPP ini.

Lanjutnya, peran masyarakat dan pedagang sebagai pemanfaat pasar tradisional diharapkan juga dapat bekerjasama dengan pemerintah yang bertanggung jawab sebagai pengelola pasar untuk menjadikan pasar sebagai sektor yang unggul.

“Dan sebenarnya itu adalah tugas dari dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) untuk mengedukasi pengguna pasar agar bisa rapih dalam membuang sampah pada tempat yang telah disediakan, sehingga petugas kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) bisa mengangkut sampah dari Bakā€“bak sampah yang sudah disediakan, ” Tegasnya. (Iqbal)

Baca Juga :  Bupati Lebak Sebut Kerja Sama Pengelolaan Sampah di Tangsel Masi Dalam Tahap Rencana