Beranda Berita Photo Active Learning Metode Belajar Inovatif Hima PKN Unpam

Active Learning Metode Belajar Inovatif Hima PKN Unpam

BERBAGI

Pamulang, Beritatangsel.com – Metode belajar kekinian dalam menunjang perkembangan baik terhadap anak didik semakin dinamis. Hal itu ada seiring dengan eksistensi metode yang menentukan hasil belajar.

Himpunan Mahasiswa Pendidikan Kewarganegaraan (Hima PKN) merupakan akumulasi Mahasiswa Program Studi (Prodi) PKN Universitas Pamulang (Unpam) yang memberikan solusi terhadap buntunya pendidikan. Sehingga ada devisi tertentu yang secara spesifik menggondok strategi belajar yang inovatif.

Hal itu disampaikan perwakilan dari Hima PKN, Juwita dalam keterangan tertulisnya kepada Beritatangsel.com, Minggu (6/8/2017).

“Apapun materi pelajaran sebenarnya tidak sulit kita sampaikan kepada anak didik, bahkan mereka yang usianya lebih dini pun bisa kita asupi mapel tertentu dan tentunya harus dengan trik tertentu. Dan itu mudah asal kita mau,” papar Mahasiswa asal Jambi itu.

Kali ini metode Active Learning itu diajarkan kepada para santri Kampung Hafiz Bawah Sutet, Pamulang. Dengan bermodalkan gambar Pancasila serta kertas minyak warna kuning yang digunting kecil kecil sebagai origami. Kemudian para santri diwajibkan menempel dan menghiasi gambar itu.

Menurut Juwita, Dengan trik demikian, para santri langsung terbayang jika gambar Pancasila berwarna kuning dan di dalamnya juga terdapat lambang tertentu. Jadi, tanpa mewajibkan para santri untuk menghafal lambang Pancasila yang lumayan sulit, tetapi dengan trik ini secara otomatis dihafal meski sambil bermain kertas.

Sementara itu, Habib selaku pengajar di salah satu sekolah Favorit di Tangsel blak blakan jika pengaruh metode yang strategis seperti ini sangat besar. “Kita harus berani berpikir jika anak anak perlu asupan pengajaran yang sangat lembut dan bersahabat,” ujar dia. (Red)

 

Baca Juga :  Perkuat PNPM Mandiri Kota Tangsel, Dosen Prodi Manajemen Unpam Berikan Penyuluhan dan Pelatihan