Beranda Berita Photo HMI Ciputat: Ritel Waralaba Harus Bertanggung Jawab Tuntaskan Masalah Sampah

HMI Ciputat: Ritel Waralaba Harus Bertanggung Jawab Tuntaskan Masalah Sampah

BERBAGI

Ciputat, Beritatangsel.com – Pengurus HMI Cabang Ciputat, Muhamad Asep Saefullah merasa geram dengan perusahaan-perusahaan ritel waralaba multi nasional yang terkesan mengabaikan masalah sampah.

“Perusahaan seperti Alfamart, Alfamidi, Indomaret, Giant harus ikut bertanggungjawab menuntaskan masalah sampah di Kota Tangsel, “ tutur Asep dalam keterangan tertulisnya kepada Beritatangsel.com. Senin (31/7/2017) kemarin.

Asep juga menuding, perusahaan yang disebutkannya telah menyumbang sampah dalam skala yang besar di Kota Tangsel.

“Produk-produk yang mereka jual hampir sebagian besar kemasannya berbahan dasar plastik. Dan bukan rahasia umum lagi bahwa sampah plastik butuh waktu lama untuk terurai, “ kata Asep.

Asep juga menuturkan bahwa perusahaan tersebut memiliki CSR yang begitu besar dan mereka punya kewajiban untuk ikut andil dalam masalah ini.

“Harusnya dengan CSR yang mereka miliki setidaknya mereka bisa memberikan edukasi kepada warga Tangsel tentang pengelolaan sampah dan bisa menyediakan tong sampah di setiap lingkungan RT.  Perlu dicatat, dalam waktu dekat ini saya akan meminta pertanggung jawaban mereka, “ Tegasnya.

Menurutnya, permasalahan sampah di Kota Tangsel masih menjadi masalah yang sangat serius dan perlu tindakan cepat dari dinas terkait.

“Sampah di Tangsel itu betul-betul harus segera dituntaskan, Lihat Danau Situ Gintung sebagai contohnya. Sebagai salah satu tempat rekreasi warga Tangsel, Situ Gintung telah beralih menjadi Gunungan Sampah, “ imbuhnya.

Dengan memiliki anggaran yang cukup besar harusnya Tangsel menjadi kota yang bersih, sampah ini masalah serius agar Kota Tangsel menjadi kota yang asri, “ tutupnya. (Red/Iqbal)

Baca Juga :  SEPAKAT, SEGEL SDN 03 JURBAR SEGERA DIBUKA