Beranda Berita Photo Sekretaris MUI Tangsel Jelaskan Keistimewaan Bulan Syawal

Sekretaris MUI Tangsel Jelaskan Keistimewaan Bulan Syawal

BERBAGI

Pondok Aren, Beritatangsel.com – Sekretaris MUI Kota Tangsel mengatakan bulan Syawal, Bulan ini dalam penanggalan atau Kalender Hijriah islam, adalah bulan ke-10. Arti kata syawal adalah naik, ringan, atau membawa (mengandung).

“Bulan syawal juga berada setelah bulan ramadhan dimana bulan ramadhan adalah bulan yang penuh berkah, rahmat serta idkuminannar, dimana khususnya umat muslim digembleng langsung oleh Allah, ” Kata Rozak.

“Nah dari arti kata diatas saja kalaulah kita memang ingin mendapatkan petunjuk dari Allah maka bukanlah suatu kebetulan semata, “

Bulan ini juga terkenal dengan hari dimana kita meraih kemenangan setelah melaksanakan pertempuran melawan jin, syetan, iblis yang ingin menggoda manusia, dan dibulan ini pula konon katanya manusia menjadi seperti bayi yang baru dilahirkan.

Dirinya juga menerangkan beberapa poin keistimewaan bulan syawal bagi umat islam, yakni:

1) Syawal adalah bulan permulaan artinya inilah bulan ketika Umat Islam kembali kepada fitrahnya seperti semula ketika baru lahir hal itu diraih setelah berpuasa sebulan penuh dibulan Ramadhan.

2) Syawal bulan Takbir Karena dibulan syawal ini umat islam bertakbir sebagai rasa Syukur setelah sebulan penuh berpuasa.

3) Syawal bulan silaturahmi dibulan ini Umat Islam melakukan silaturahmi kepada keluarga yang dekat dan jauh.

4) Syawal bulan pahala setahun, Kata nabi Muhamad saw barangsiapa yang berpuasa 6 hari dibulan syawal pahalanya bagaikan puasa setahun.

5) Syawal bulan peningkatan, syawal artinya peningkatan amal ibadah kepada Allah setelah puasa Ramadhan dilanjutkan di sebelas bulan setelahnya.

6) Syawal bulan nikah, bulan syawal adalah bulan yg baik untuk menorah. Dan terakhir ke enam bulan syawal adalah bulan pengamalan takwa kepada Allah dalam kehidupan sehari-hari. (ipin_pic) 

Baca Juga :  Pemkot Tangsel Berupaya Mengatasi Persoalan Sampah