Beranda Berita Photo Kader Jumantik Diberikan Penyuluhan Antisipasi Kebakaran

Kader Jumantik Diberikan Penyuluhan Antisipasi Kebakaran

BERBAGI

Pondok Aren, Beritatangsel.com – Sejumlah kader Juru Pemantau Jentik (Jumantik) diberikan penyuluhan mengantisipasi bila terjadi kebakaran di Aula PGRI, Parigi Baru, Pondok Aren, Kota Tangsel. Rabu (24/5/2017).

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Parigi Ia Solihat menjelaskan, kebakaran terjadi 90 persen penyebabnya akibat hubungan arus pendek listrik atau korsleting.

Sedangkan 10 persen akibatnya dari Gas elpiji yang bocor disebabkan oleh faktor kelalaian manusia, saat menyalakan kompor untuk memasak.

“Akibat bencana tersebut dipastikan telah menyebabkan kerugian harta benda. Kami bekerjasama dengan kantor pemadam kebakaran agar kader Jumantik juga dibekali pengetahuan untuk mengatasi kebakaran, selain mereka menjadi relawan merebaknya Virus DBD. Artinya, masyarakat perlu diberikan pengetahuan, karena kegiatan ini, merupakan program berbasis lingkungan, ” paparnya.

Masih di lokasi yang sama, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Damkar Kota Tangsel Toni didampingi Kasi Pengawasan Widada mengatakan, secara periodik dan berkesinambungan pihaknya terus menggulirkan program sosialisasi kepada masyarakat umum.

Seperti melalui pelatihan pelatihan bimbingan teknis maupun simulasi penanggulangan bahaya kebakaran di gedung-gedung lokasi sentra kegiatan perekonomian.

“Kerjasama dengan pihak Puskesmas melalui relawan Jumantik, diharapkan mampu memberikan edukasi deteksi dini ketika menghadapi insiden yang berpotensi terjadinya kebakaran. Dari para kader jumantiklah kita berharap bisa memberikan pengetahuan mengatasi apabila terjadi kebakaran dan tidak panik, ” katanya

“Memberikan pemahaman kepada warga agar lebih dini dapat mengetahui cara pencegahan dari bahaya kebakaran sebelum terjadi dan dapat mengendalikan pada saat terjadi kebakaran, terutama ibu-ibu rumah tangga yang setiap harinya bersentuhan dengan bahan bakar gas, ” imbuhnya

Dalam kesempatan itu, relawan Jumantik dan pegawai puskesmas diberikan pelatihan dengan menggunakan media APAR dengan memakai karung goni yang telah dibasahi air. (DC/Ipin_pic )

Baca Juga :  Polres Metro Tangerang Kota Gelar Sidang Tipiring Kepada 35 Orang Penjual Miras