Beranda Berita Photo Yuk Kita Kenal Lebih Jauh Seni Bela Diri Beksi

Yuk Kita Kenal Lebih Jauh Seni Bela Diri Beksi

BERBAGI

Tangerang, Beritatangsel.com – Beksi merupakan kesenian asli Tangerang yang diperkenalkan oleh Lee Ceng Hok di daerah Banten. Marhali adalah murid angkatan pertama Lee Ceng Kok yang kemudian membantu memperkenalkan beksi kepada masyarakat dengan cara melakukan pertarungan dengan jawara-jawara sekitarnya.

Setelah Marhali, generasi selanjutnya yaitu Kong Zen sang murid Marhali yang memperkenalkan silat beksi ke masyarakat luas.

“Secara sejarah dikembangkan di tempat tersembunyi karena masa itu masa penjajahan, dikhawatirkan diketahui oleh para penjajah,” ujar Wawan seperti diberitakan merahputih.com

pelatih di Pencak Silat Rantai Emas Beksi Marhali, di tempat latihan Jalan Darussalam, Kecamatan Batu Ceper, Tangerang, Banten.

Sementara itu, sanggar Pencak Silat Rantai Emas Beksi Marhali dimulai sejak 2014. Namun kegiatan latihan itu sudah dimulai sejak 2010. Sebanyak 28 juru digunakan dalam Pencak Silat Rantai Emas Beksi Marhali.

Pencak silat aliran rantai emas Beksi Marhali cukup langka. Namun, masih ada yang ingin melestarikannya. Salah satu keunikannya yaitu dalam setiap latihan dilakukan secara sembunyi-sembunyi karena menurut sejarahnya dahulu silat ini bersembunyi dari penjajah Belanda.(Ipin_pic) 

Sumber : merahputih.com

Baca Juga :  Rawan Narkoba, Empat Wilayah di Kota Tangerang Target BNN