Beranda Berita Photo Pendistribusian Soal UN Tingkat SD Sederajat Dipastikan Sesuai

Pendistribusian Soal UN Tingkat SD Sederajat Dipastikan Sesuai

BERBAGI
Jpeg

Serpong, Beritatangsel.com – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangsel, memastikan tidak ditemukan adanya kekurangan naskah soal ujian nasional (UN) untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) sederajat tahun 2017.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Yahya, mengatakan kebutuhan soal dan lembar jawaban sudah sesuai dengan kuota yang diajukan Dinas Pendidikan Kota Tangsel, 23 ribu.

Selain itu, naskah cadangan sebanyak 5 boks untuk mengantisipasi adanya lembar naskah ujian nasional yang rusak atau faktor lain juga telah tersedia.

“Kami juga sudah mempersiapkan soal cadangan jika diketemukan adanya kekurangan soal dalam pelaksanaan ujian nanti,” kata Yahya di SMPN 11 Serpong, Sabtu (13/5/2017).

Dia menerangkan UN tingkat SD sederajat tahun ini di Kota Tangsel akan diikuti 231 ribu peserta. Jumlah itu meliputi SD negeri sebanyak 13 ribu peserta, SD swasta 6 ribu peserta, MI Negeri 230 peserta, dan MI swasta sebanyak 2600 peserta.

“Total itu dari 378 lembaga penyelenggara UN di Kota Tangsel,” papar dia.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangsel memilah naskah dan UN SD sederajat. Total ada sebanyak 23 ribu boks berisi soal UN tingkat SD dan MI yang dipilah berdasarkan jumlah siswa per tingkat kecamatan.

Pendistribusian naskah soal UN dilaksanakan mulai Sabtu (13/5/2017) dengan pengelompokan berdasarkan per kecamatan.

Menurut dia, pengelompokan tersebut dimaksudkan untuk mempermudah proses pendistribusian ke tingkat kecamatan, sebelum diteruskan ke masing-masing sekolah penyelenggara UN SD/MI pada hari H pelaksanaan UN, Senin sampai dengan Rabu (15-17/5/2017).

“Selama proses pendistribusian, penyimpanan hingga pengiriman ke sekolah penyelenggara akan dikawal aparat kepolisian untuk memastikan seluruh naskah ujian yang merupakan dokumen negara aman dan tidak terjadi kebocoran,” tukasnya. (Dc)

Baca Juga :  Angkatan Kerja Kota Tangsel Meningkat di Job Fair 2015