Beranda Berita Photo Sebanyak 6 Negara Akan Ikut Serta Pertandingan Barongsai Internasional 2017

Sebanyak 6 Negara Akan Ikut Serta Pertandingan Barongsai Internasional 2017

BERBAGI

Serpong Utara,Beritatangsel.com – Living world kembali mengadakan pertandingan Barongsai Internasional yang bekerjasama dengan FOBI sebuah federasi yang menaungi olahraga Barongsai Indonesia. Living World All Star International Lion Dance Championship akan diikuti oleh 12 team dari 6 Negara dimana seluruh pesertanya pernah menjadi juara dunia dan merupakan pemain Barongsai terbaik di Negara mereka. hal itu di sampaikan dalam press conference (11/4) Living World, Tangerang Selatan. Xaverius Djunair menambahkan, “untuk juri kita akan memakai juri yang sudah profesional dan juga juri dari masing-masing negara yang ikut serta di pertandingan Barongsai International 2017”.

Pertandingan Barongsai kelas dunia yang diselenggarakan oleh living world menjadi ajang pertandingan yang bergengsi dan dinantikan oleh team Barongsai Indonesia dan luar Negeri. Jannywati Hartini selaku Direktur Living World menjelaskan,”Pertandingan ini kembali kami adakan, dimana sebelumnya kami telah sukses mengadakan dua kali pertandingan Barongsai Internasional pada 2013 dan 2014 yang lalu. Pertunjukan Barongsai yang merupakan kesenian dan olahraga asli tiongkok kini telah menjadi bagian dari olah raga dan kebudayaan Indonesia serta selalu menjadi favorit khususnya bagi para pengunjung Living World. Dan pada pertandingan Barongsai 23-24 April mendatang, Living World akan mengundang para pemain Barongsai terbaik atau Best of the Best dari 6 negara”.

Keenam negara tersbut adalah China, Hongkong, Malaysia, Singapore, Australia dan Indonesia yang akan bertanding memperebutkan hadiah total $15,000 untuk pertandingan Barongsai Tonggak dan Pertandingan Tambur, dimana pertandingan tambur akan menjadi pertandingan pertama kali yang dilakukan di Indonesia . Selain itu, Living World juga akan memberikan hadiah kepada team Barongsai dangan penilaian Tingkat Kesulitan Tertinggi.

Xaverius Djunair selaku Sekjen FOBI menjelaskan,”Pertandingan ini diadakan bukan hanya untuk mencari prestasi, tetapi juga sebagai ajang silaturahmi antar pemain-pemain Barongsai dan juga sebagai ajang pemersatu Bangsa. Kejuaran ini akan dinilai oleh juri lokal dan juga internasional dimana yang menjadi kriteria penilaian adalah dari bentuk Barongsai, kerjasama antar pemain, langkah-langkah/Kuda-kuda, musik, ekpresi dan juga tingkat kesulitan”.

Baca Juga :  Polres Tangsel Gelar Simulasi Sispamkota Dalam Rangka Pengamanan Pemilu 2024

Kesenian Barongsai sudah resmi menjadi salah satu cabang olahraga nasional yang dinaungi oleh federasi Olahraga Baronsai Indonesia  (FOBI) dan sudah ada di 20 provinsi serta menjadi anggota badan dunia yaitu International Dragon and Lion Dance Federation (IDLDF) dimana anggotanya sudah mencapai 35 negara yang tersebar diseluruh dunia. Saat ini FOBI-pun sudah resmi menjadi anggota Komite Olahraga Nasional Indonesia ( KONI). “Team Barongsai yang akan mewakili Indonesia adalah Kong Ha Hong yang pernah menjadi juara dunia pada tahun 2009 di Guang Zhou, 2014 di Indonesia dan 2015 di Beijing, serta team FOBI Kaltara yang pernah menjadi juara 1 PON tahun 2016 yang lalu” Ujar Ronald Syarif selaku ketua Yayasan Kong Ha Hong.

“Bagi pengunjung setia Living World juga bisa memilih juara favorit dengan melakukan voting pada 23 dan 24 April mendatang. Bagi pengunjung yang beruntung akan mendapatkan hadiah menarik dari Living World berupa gadget dan voucher belanja” tutup Jannywati Hartini (Dede RIchal)