Beranda Berita Photo Mau Tau Apa Saja Manfaat Dari Daun Saga? Yukk Baca Artikel Ini!!

Mau Tau Apa Saja Manfaat Dari Daun Saga? Yukk Baca Artikel Ini!!

BERBAGI

Pondok Aren, Beritatangsel.com – Mengulas tentang tanaman saga, ciri khasnya adalah bijinya terbungkus sekilas mirip dengan petai. Namun, jika anda mencermati lebih dekat ternyata ukurannya lebih pendek dan bijinya pun tidak sama. Selain sebagai tumbuhan perdu, saga merupakan salah satu tanaman obat yang mampu mengatasi beberapa jenis gangguan kesehatan. Mulai dari penyakit ringan seperti sariawan hingga penyakit berat termasuk bronchitis dan tekanan darah tinggi dapat diobati menggunakan daunnya.

Nama ilmiah dari tumbuhan saga adalah Abrus precatoruis, termasuk polong-polongan yang memiliki biji berwarna merah dan hitam. Bijinya ini menjadi keras saat kering. Daun saga memiliki bentuk mirip dengan tamarindus indica, dengan rasa manis. Bentuk bunga saga sekilas mirip kupu-kupu berwarna ungu terang. Tumbuhan ini mudah ditemukan di hutan atau ladang. Mungkin anda bertanya, apa saja kandungan daun saga? Akar pohon dan daunnya mengandung nutrisi penting seperti protein, kalsium oksalat, vitamin A, piridoxsin, vitamin C, glisirizin, vitamin B1, asam polygalacturomic, pentosan, dan flisirizinat.

Berbagai nutrisi dalam tanaman saga kiranya cukup memadai untuk menjadikan tumbuhan ini sebagai obat herbal untuk mengatasi banyak penyakit. Nah, inilah manfaat daun saga sebagai tanaman obat:

1. Membantu dalam pengobatan bronchitis Untuk menggunakannya, petik 15 lembar daun saga dari pohonnya. Cuci kemudian rebus bersama 500 ml air. Tunggu airnya tertinggal 250 ml, biarkan dingin. Minum segelas saja setiap hari.

2. Atasi amandel Sebagai obat radang amandel, pertama panaskan 5 gelas air. Masukkan kayu manis dan akar saga ke dalamnya. Saring setelah airnya berkurang 2 ½ gelas. Anda dapat minum segelas airnya, pada pagi dan sebelum petang. Lebih detail: 7 cara mengobati Amandel tanpa operasi

Baca Juga :  LDKS SMA GIS 2 Serpong: Mencetak Pemimpin Masa Depan

3. Menurunkan tekanan darah tinggi, Daun saga manis juga efektif sebagai obat hipertensi. Sediakan daun abrus precatoris, juga daun selamagi, pegagan, kejibeling, dan buah waluh putih. Rebus bersama seliter air, sampai berkurang ½ liter. Minum setelah airnya disaring.

4. Mengurangi radang mata Daun saga efektif untuk mengobati radang mata. Giling segenggam daunnya, rebus dalam dua gelas air. Kumpulkan uapnya, gunakan sebagai obat tetes mata.

5. Hentikan batuk kering Obat batuk dapat dibuat dari bahan alami. Tumbuk daun saga manis, daun po’o, dan buah noni. Rebus tiga bahan ini sampai mendidih, kemudian minum saat air masih hangat. Jika buah noni dan daun po’o sulit untuk didapatkan, ganti dengan kayu manis dan daun asam.

6. Menangani sariawan Cara mudah untuk mengatasi sariawan yaitu menggunakan daun saga. Jemur daunnya di bawah sinar matahari sampai layu, kunyah kemudian berkumur dengannya.

7. Hentikan panas dalam Daun saga dapat berguna sebagai larutan penyegar, yang mampu meredakan panas dalam secara alami. Cukup dengan minum air rebusan dari 5 lembar daunnya. Selanjutnya, buatlah ramuan yang sama dengan obat bronchitis.

8. Meredakan jantung berdebar Daun saga manis dapat digunakan untuk menangani keringat dingin dan jantung berdebar. Siapkan 8 gram daunnya, juga 5 gram kencur dan 10 gram daun sembung. Panaskan 400 ml air dengan api kecil, masukkan semua bahan. Setelah airnya menyusut segelas, angkat. Minum dengan rutin, saat airnya dingin.

Demikian manfaat daun saga untuk kesehatan anda, semoga bermanfaat. (*)