Beranda Berita Photo Ngeri, Ternyata Tidur Siang Berlebihan Dapat Mengakibatkan Beberapa Penyakit Ini!!

Ngeri, Ternyata Tidur Siang Berlebihan Dapat Mengakibatkan Beberapa Penyakit Ini!!

BERBAGI

Pondok Aren, Beritatangsel.com – Setelah lelah dan penat melakukan kegiatan, banyak orang lebih memilih melakukan tidur di siang hari karena dapat meningkatkan konsentrasi seseorang dan tubuh terasa lebih segar.

Bahkan, sebuah penelitian menunjukkan bahwa betapa ruginya saat seseorang kekurangan tidur. Kekurangan tidur dapat menyebabkan sebuah gangguan yang disebut Fatal Familial Insomnia, yang menunjukkan bahwa kurang tidur dapat menyebabkan kematian.

Meskipun mempunyai begitu banyak manfaat, bukan berarti tidur siang bebas dari dampak buruk. “Tidur siang yang terlalu lama dapat menimbulkan dampak yang buruk bagi kesehatan,” Jelas Maria, pakar kesehatan alumnus Fakultas Kedokteran  Universitas Indonesia.

Pada umumnya orang dewasa memerlukan waktu tidur tujuh-sembilan jam sehari. Tetapi kebiasaan tidur lebih dari sembilan jam dalam sehari akan menempatkan seseorang pada resiko untuk seluruh pangkal dari masalah kesehatan. Berikut beberapa resiko yang akan ditimbulkan jika seseorang terlalu banyak tidur siang, antara lain:

Gangguan jantung

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika pada tahun 2012, tidur delapan jam atau lebih dapat meningkatkan risiko masalah jantung. Orang yang tidur lebih lama memiliki dua kali lipat risiko dan 1,1 kali lipat risiko penyakit arteri koroner.

Meningkatkan risiko diabetes

Terlalu banyak tidur siang dapat menyebabkan risiko diabetes tipe 2. Penyakit ini biasanya diderita oleh anak-anak karena terlalu gemuk.

Kemungkinan susah hamil

Sebuah penelitian dari Korea pernah menganalisa kebiasaan tidur lebih dari 650 wanita yang menjalani program bayi tabung pada tahun 2013. Hasilnya wanita yang tidur tujuh sampai delapan jam memiliki tingkat kehamilan yang tinggi, tetapi wanita yang tidur sembilan sampai sebelas jam mempunyai tingkat kehamilan yang lebih rendah.

Tingkat kematian lebih cepat

Baca Juga :  Gagal Menyalip, Seorang Kakek Masuk ke Kolong Truk di Tangerang

Sebuah penelitian menemukan peningkatan risiko kematian pada orang yang memiliki waktu tidur yang panjang. Jadi jika seseorang memiliki waktu tidur yang lebih dari sembilan jam dapat meningkatkan risiko kematian lebih tinggi.

Akan lebih baik jika tidur siang dilakukan maksimal 30 menit dalam sehari dan cukup dilakukan 4 kali dalam seminggu, karena mencegah lebih baik daripada mengobati. Jadi untuk menghindari beberapa penyakit diatas, sebaiknya lakukan tidur siang secukupnya. (*)