Beranda Berita Photo Mau Tau Pentingnya Menyikat Lidah Untuk Kesehatan Mulut Anda? Baca Yukk Artikel...

Mau Tau Pentingnya Menyikat Lidah Untuk Kesehatan Mulut Anda? Baca Yukk Artikel Ini!!

BERBAGI

Pondok Aren, Beritatangsel.com – Menyikat gigi sudah menjadi kegiatan rutin yang harus kita lakukan untuk memberikan efek segar dan bersih pada mulut. Namun, kebnanyakan orang hanya menyikat gigi tanpa membersihkan lidah, padahal campuran liur dan bakteri di lidah akan menempel satu sama lain dan membentuk lapisan di atas permukaan lidah, yang disebut plak.

Walaupun banyak dokter gigi yang berpendapat menyikat lidah dengan sikat gigi tidak begitu ampuh untuk mendapatkan hasil yang optimal, Namun American Dental Association mengatakan sikat gigi dan alat penggosok lidah bekerja sama baiknya untuk mengangkat bakteri di lidah.

Untuk membersihkan lidah yang baik dan benar, setelah anda usai menggosok gigi dan berkumur di pagi hari, gunakan alat penggosok lidah dari pangkal lidah paling dalam dan tarik perlahan ke depan dalam satu gerakan. Bilas alat penggosok dan ulangi. Lakukan setidaknya 2-3 kali sampai Anda merasa lidah benar-benar bersih. Jangan lupa juga untuk membersihkan bagian samping lidah. Terakhir, kumur dengan air bersih.

Sama halnya jika Anda menggunakan sikat gigi. Sikat lidah Anda perlahan dalam satu arah, dari belakang lidah ke depan. Anda juga bisa tambahkan sedikit pasta gigi atau rendam sikat gigi bersih Anda ke dalam obat kumur sebelum mulai menyikat lidah.

Alternatif lainnya, Anda bisa gunakan model sikat gigi yang memiliki fitur pembersih lidah di bagian belakang kepala sikat.

Pastikan untuk membersihkan lidah Anda setidaknya satu hari sekali, khususnya di pagi hari setelah semalaman tubuh Anda mendetoks segala racun saat Anda tidur. Namun, akan lebih baik lagi jika Anda membersihkan lidah setiap kali habis sikat gigi di pagi dan malam hari. (*)

Baca Juga :  LSM Gempur Berikan Keranda untuk Pemkot Tangsel Desak Lurah Pondok Aren Dicopot