Beranda Berita Photo Ihhh!! Jangan Kelamaan Duduk Kalo Anda Tak Mau Kena 5 Penyakit Ini!!!

Ihhh!! Jangan Kelamaan Duduk Kalo Anda Tak Mau Kena 5 Penyakit Ini!!!

BERBAGI

Pondok Aren, Beritatangsel.com – Duduk, merupakan satu kata kerja yang sering kita dengar dan lakukan namun kadang kita tidak pernah tahu bagaimana definisi duduk yang sebenarnya.

Biasanya seseorang melakuka  duduk karena kelelahan, Namun tahukah anda ternyata duduk terlalu lama dapat berdampak buruk bagi anda? Lalu dampak buruk apa saja jika kita duduk terlalu lama? Yuk ketahui kebenarannya :

1. PENUMPUKAN LEMAK DI PERUT

Duduk terlalu lama dapat meningkatkan jumlah lemak yang tertimbun dalam perut. Jika anda tidak bergerak atau cukup berolahraga, tubuh akan kesulitan membakar lemak. Sebuah studi yang dipublikasikan oleh American Journal of Physiology menyebutkan bahwa bergerak dan berolahraga dapat memicu otot melepaskan senyawa lipoprotein lipase yang dapat membakar lemak. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa penumpukan lemak di area perut dapat meningkatkan resiko berbagai macam penyakit seperti diabetes, penyakit jantung koroner, kanker dan bahkan kematian.

2. PENYAKIT JANTUNG

Duduk terlalu lama juga berdampak buruk pada organ internal tubuh terutama jantung. Terlalu lama duduk di tempat yang sama dan tidak banyak bergerak dapat mengurangi intensitas aliran darah ke seluruh tubuh termasuk jantung. Kurangnya aliran darah dalam tubuh membuat lemak lebih mudah masuk ke dalam pembuluh darah dan menyumbat arteri maupun jantung. Penyumbatan tersebut nantinya akan menyebabkan meningkatnya kadar kolesterol dalam tubuh dan resiko penyakit jantung koroner.

Beberapa studi menyebutkan bahwa duduk terlalu lama memiliki pengaruh negatif bagi kesehatan. Penelitian di tahun 2010 yang dipublikasikan dalamMedicine & Science in Sports & Exercise menyebutkan bahwa pola hidup sedentary dapat meningkatkan resiko seseorang meninggal karena penyakit jantung koroner. Faktanya, seseorang yang duduk terlalu lama memiliki resiko 82% lebih tinggi mengalami penyakit jantung koroner.

Baca Juga :  Ketua Goj-jek Tangsel Kecam Anggotanya Memihak Salah Satu Kandidat

3. LEMAHNYA OTOT KAKI DAN BOKONG

Jika anda duduk terlalu lama saat bekerja atau melakukan aktifitas sehari-hari tanpa beristirahat dan sejenak bergerak maka hal ini dapat beresiko pada otot kaki dan bokong anda. Jika otot kaki tidak banyak digunakan, otot kaki akan melemah dan menyebabkan atropi. Atropi adalah gangguan pada otot yang membuatnya kehilangan kekuatan dan keseimbangan saat berjalan atau bergerak. Jadi sebaiknya hindari duduk terlalu lama dan berjalan atau bergeraklah sejenak saat istirahat.

4. NYERI PUNGGUNG DAN LEHER

Bahaya duduk terlalu lama dan dalam posisi yang salah dapat menyebabkan nyeri pada bagian punggung dan leher. Saat duduk, tubuh memberi lebih banyak tekanan pada tulang belakang dan jika dibiarkan terlalu lama dapat menyebabkan kelainan pada tulang belakang. Selain itu, duduk terlalu lama membuat otot tertarik saat digerakkan secara tiba-tiba sehingga menimbulkan rasa sakit pada leher dan punggung seperti yang dilaporkan oleh sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam European Spine Journal pada tahun 2007. Lebih parahnya terlalu lama duduk dapat menyebabkan kerusakan otot, tulang, sendi dan ligamen seperti yang dinyatakan dalam studi yang dipublikasikan dalam the Canadian Centre for Occupational Health and Safety pada tahun 2010.

5. PENINGKATAN RESIKO KANKER

Terlalu banyak duduk dan pola hidup sedentari dapat menyebabkan peningkatan resiko penyakit kanker, kolorektal, paru-paru, endometrial, ovarium, kolon dan kanker prostat. Sebuah studi yang dimuat dalam the American Journal of Epidemiology pada tahun 2011 menyebutkan bahwa terlalu lama duduk saat bekerja dapat meningkatkan resiko penyakit kanker kolon atau usus besar. Sebaiknya lakukan gerakan dan istirahat sejenak jika anda bekerja pada posisi yang sama selama berjam-jam.

Baca Juga :  Ngeri, Ternyata Tidur Siang Berlebihan Dapat Mengakibatkan Beberapa Penyakit Ini!!

Nah itu dia tadi Fakta tentang dampak buruk jika anda duduk terlalu lama, sebaiknya mulai sekarang anda harys lebih aktif untuk bergerak, Jika anda bekerja dikantor dan duduk seharian sebaiknya anda melakukan olah raga ringan disela waktu anda.