Beranda Berita Photo Ingin Tahu Cara Mencegah Kanker Payudara ? Yuk Ikuti Tips Ini

Ingin Tahu Cara Mencegah Kanker Payudara ? Yuk Ikuti Tips Ini

BERBAGI

Pondok Aren Beritatangsel.com –Kanker payudara adalah salah satu jenis kanker yang paling umum terjadi pada wanita. Bahkan, penyakit ini juga termasuk penyebab kematian utama wanita. Namun jangan terlalu khawatir, ada banyak cara dalam mencegah kanker payudara yang dapat diusahakan sendiri.

Kebiasaan menjalani hidup sehat seperti mengonsumsi lebih banyak buah-buahan, menjauhi minuman beralkohol, serta aktif berolahraga dapat membantu mencegah kanker payudara.

Sebagai Langkah Awal, Kenali Risiko Kanker Payudara

Perlu diketahui bahwa ada risiko-risiko terkait kanker payudara yang tidak dapat dihindari, misalnya faktor genetik, terlahir sebagai wanita, dan sudah berusia tertentu. Meski begitu, masih ada risiko-risiko lain yang bisa Anda pelajari. Mari kita bahas satu-persatu.

Faktor genetik

Tidak dapat dimungkiri, faktor genetik sangat berpengaruh terhadap kemungkinan terjadinya kanker payudara. Faktor ini memberi andil dalam penyakit tersebut sebanyak 5-10 persen. Meskipun demikian, kebanyakan kasus wanita yang terkena kanker payudara sama sekali tidak memiliki riwayat keluarga yang pernah mengalami penyakit serupa. Hal ini berarti masih ada harapan tinggi untuk berhasil melakukan cara mencegah kanker payudara melalui gaya hidup yang sehat.

Faktor usia

Pada kasus kanker payudara, makin tua usia wanita dianggap makin berisiko terkena penyakit ini. Wanita yang mengalami menstruasi pertama kali pada usia di bawah 12 tahun dan wanita yang mengalami menopause setelah usia 51 tahun juga berisiko terkena kanker payudara.

Faktor kehamilan

Wanita dan urusan kehamilan ternyata ada hubungannya dengan kanker payudara. Mereka yang risikonya meningkat terhadap kemungkinan terkena kanker payudara adalah wanita dewasa yang belum pernah hamil, hamil untuk pertama kalinya pada usia di atas 30 tahun, dan melahirkan di atas usia 35 tahun.

Baca Juga :  Polres Tangsel Grebeg Gudang Obat Ilegal

Faktor lain

Selain faktor-faktor yang telah disebutkan di atas, ada faktor lain yang menjadikan risiko kanker payudara meningkat. Faktor tersebut adalah sudah pernah mengalami kanker payudara sebelumnya, pernah mengalami kanker ovarium, memiliki jaringan payudara yang padat, serta pernah terkena paparan radiasi di daerah dada pada usia kanak-kanak dan remaja.

Sudah Tahu Risikonya, Kini Fokus kepada Upaya Pencegahan

Setelah mengetahui risikonya, cara mencegah kanker payudara dapat dilakukan dengan mengurangi risiko-risiko tersebut dengan hal-hal ini.

Menjaga berat badan tetap ideal

Berat badan erat kaitannya dengan risiko kanker payudara. Wanita yang mengalami pertambahan berat badan atau obesitas setelah masa menopause, memiliki risiko terkena kanker payudara sebesar 30-60 persen. Sementara, wanita yang mengalami pertambahan berat badan atau obesitas sebelum masa menopause, risiko terkena kanker payudara20-40 persen lebih tinggi dibanding dengan yang mempunyai berat badan normal. Perubahan berat badan dan waktu terjadinya kenaikan berat badan ini diduga berkaitan dengan keadaan hormon di dalam tubuh. Melihat risiko ini, menjaga berat badan tetap ideal adalah salah satu cara qmencegah kanker payudara yang dapat Anda lakukan.

Utamakan makanan sehat

Meskipun mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran segar belum memberikan perlindungan yang efektif terhadap kanker payudara, setidaknya hal tersebut dapat membantu mengurangi risiko kanker payudara. Wanita yang sudah terkena kanker payudara pun hidupnya dapat lebih berkualitas jika menghindari makanan berlemak. Daging berlemak, sosis, krim, margarin, mentega, dan minyak adalah sumber-sumber makanan untuk dihindari sebagai usaha pencegahan yang disarankan.

Luangkan waktu untuk berolahraga

Wanita yang aktif secara fisik dapat menurunkan risiko kanker payudara. Sebaliknya, risiko meningkat pada wanita yang sudah bertahun-tahun tidak pernah mengolah fisiknya lagi. Standar untuk melakukan olahraga aerobik intensitas sedang (seperti bersepeda dan jalan cepat) adalah selama 2 jam 30 menit per minggu.

Baca Juga :  Satpol PP Tangsel Menang Atas Gugatan Lawan Tempat Hiburan Malam.

Hentikan kebiasaan merokok apa pun alasannya

Anda yang pernah menjadi perokok saja masih memiliki risiko terkena kanker payudara sebesar 13 persen lebih tinggi daripada mereka yang tidak pernah merokok sama sekali. Kondisi yang lebih buruk bisa Anda alami jika masih aktif merokok, yaitu 24 persen berisiko lebih tinggi.  Wanita yang sejak usia dini sudah merokok, risikonya menjadi lebih tinggi lagi, yaitu ditambah 12 persen. Satu lagi, wanita yang merokok sebelum kehamilan pertama, risiko akan bertambah sebesar 21 persen. Melihat risiko-risiko ini, berhenti merokok sekarang juga adalah pilihan yang paling tepat.

Membatasi minuman beralkohol

Mengonsumsi minuman beralkohol satu gelas tiap hari dapat meningkatkan risiko terkena kanker payudara sebesar 10-12 persen dibandingkan dengan seseorang yang tidak mengonsumsi minuman beralkohol. Potensi terkena kanker payudara lebih tinggi jika biasa minum lebih dari segelas per hari. Hal ini dapat terjadi karena ada kaitan antara tingkat alkohol dengan perubahan jumlah hormon di dalam darah. Dalam hal ini sebagai cara mencegah kanker payudara adalah mengurangi asupan alkohol, bahkan disarankan untuk menghentikan sama sekali.

Menyusui bayi secara teratur

Meskipun tingkat penurunan risikonya kecil, menyusui bayi dapat membantu mencegah kanker payudara. Tiap 12 bulan menyusui, risiko terkena kanker payudara dapat berkurang sebesar 4,3 persen.

Membatasi terapi hormon

Terapi hormon biasa dilakukan oleh wanita terkait dengan masa menopause. Terapi yang umumnya menggunakan hormon estrogen dan progesteron ini biasanya bersifat jangka waktu panjang, yaitu sekitar 10 tahun. Karena itulah, terapi ini berisiko meningkatkan kanker payudara. Namun ketika pemakaian dihentikan, dalam waktu sekitar lima tahun, risiko tersebut dapat kembali berkurang. Apabila Anda benar-benar membutuhkan terapi hormon, konsultasikan kepada dokter agar kadar hormon tersebut dapat dikurangi.

Baca Juga :  Waspada Cacar Monyet, Dinkes Kota Tangerang Minta Masyarakat Tingkatkan PHBS

Hindari terkena paparan radiasi

Ada beberapa hal yang mungkin membuat Anda terpapar radiasi tingkat tinggi, misalnya penggunaan peralatan kesehatan CT scan, bekerja di tempat pengobatan yang menggunakan radiasi, dan terpapar asap kendaraan, serta bahan-bahan kimia. Lindungi diri Anda dari paparan tersebut dan semaksimal mungkin dihindari.

Mengenali Perubahan-Perubahan yang Ada

Kesadaran untuk menemukan cara mencegah kanker payudara juga dapat dilakukan sendiri dengan mengenali jika ada perubahan pada diri. Hal paling umum untuk mengenali kelainan pada payudara adalah dengan melakukan metode SADARI, yaitu dengan menggunakan tangan. Jangan malas melakukannya sebab sangat penting untuk membantu menjaga kesehatan payudara dari kanker.

Jika Anda sudah melakukan semua hal di atas dan masih ingin mendapatkan cara mencegah kanker payudara, kunjungi dokter Anda. Minta dokter untuk melakukan mammogram agar Anda mendapat informasi yang lebih akurat. Tujuan lainnya adalah apabila ada tanda-tanda kanker payudara, dapat segera tertangani. (*)