Beranda Berita Photo Aww!! Mata Anda Kelilipan? Yuk Ikuti Cara ini, No 5 Bikin Ngga...

Aww!! Mata Anda Kelilipan? Yuk Ikuti Cara ini, No 5 Bikin Ngga Percaya

BERBAGI
Ilustrasi

Pondok Aren, Beritatangsel.com – Kelilipan adalah adalah peristiwa benda asing yang biasanya berukuran kecil masuk ke mata secara tidak sengaja. Namun peristiwa ini kadang membuat anda merasa kesal dn kesakitan, dan kebanyakan orang juga biasanya menggesekan matannya menggunakan tangan, sebaiknya anda hindari kebiasaan itu dan gunakan beberapa cara ini untuk mengatasi kelilpan.

Yuk ketahui apa saja cara mengatasi kelilipan :

  1. Jangan digosok!

    Yang pertama adalah jangan menggosokan mata anda, Terkadang hal ini merupakan suatu spontanitas bagi kita setelah mengetahui mata kita kelilipan. Hilangkanlah kebiasaan ini, karena hal ini bisa mengakibatkan jaringan mata sobat rusak karena gangguan benda asing.


    2. Gunakan obat tetes mata


    yang ke 2 ini adalah cara yang mudah, Jadi ternyata obat tetes mata ini berguna untuk mengusir atau membuang kotoran ataupun butiran debu yang masuk ke mata. Pembuangan kotoran ini akan dilakukan secara alami.
    Walaupun obat tetes mata ampuh untuk mengobati kelilipan, namun alangkah baiknya apabila obat ini digunakan sesuai petunjuk dan dosis. Jangan memakainya lebih dari 3 kali, karena hal ini dapat mengakibatkan iritasi berkelanjutan pada mata sobat, dan perlu diketahui bahwa obat tetes mata ini mengandung bahan kimia yang bersifat asam yang membuat mata menjadi pedih setelah memakainya.

    3. Istirahatkan mata

    Cara yang ketiga ini sebaiknya anda lakukan, Cobalah untuk mengistirahatkan mata secara rileks, secara rileks, bukan berarti sobat mengistirahatkan mata secara paksa. Bukan pula berarti mengistirahatkan mata berarti memaksa diri sendiri untuk tidur. Karena sangat kecil kemungkinan kita dapat tertidur dengan kondisi mata kelilipan.

    Oleh karena itu, istirahatkan mata dengan mencoba untuk pura-pura tidur. Ya, pura-pura tidur yaitu dengan mencoba merilekskan seluruh anggota tubuh dan memilih posisi yang cocok untuk pura-pura tidur sobat agar sobat merasa lebih rileks. Bukalah mata secara perlahan saat bangun tidur seakan-akan sobat baru bangun dari tidur yang lama. Tanpa disadari, nantinya kotoran/debu yang berada di mata akan keluar dengan sendirinya setelah terbangun.

    4. Minta bantuan Orang Sekitar Anda Untuk Meniupkan Matanya

    Hal ini mungkin yang dilakukan semua orang, Orang seperti ini akan mencoba untuk meminta bantuan kepada siapa pun itu yang berada didekatnya untuk sekedar meniup matanya atau melihat kondisi matanya, meskipun orang tersebut tidak ia kenal. Cara ini dapat anda coba bagi yang suka panikan, langsung saja meminta tolong kepada orang terdekat untuk menolong sobat.

5. Meludah


Apakah cara ini terpikirkan oleh anda? Nah, yang ini nih yang belum pernah saya coba waktu kelilipan. Konon, saat meludah ada enzim yang terlepas dari tenggorokan dan kemudian berefek ke mata. Mata kemudian akan terangsang pula untuk mengeluarkan pelumas yang berbeda dengan air mata. Pelumas inilah yang membawa kotoran/debu dari mata yang kelilipan yang terbungkus dalam enzim, dan akhirnya akan keluar dari mata. Cara meludah, katanya merupakan cara nenek moyang dahulu ketika kelilipan.

Nah itu dia tips cara anda untuk mengatasi kelilipan, semoga cara ini dapat bermanfaat, namun sebaiknya jika anda terkena kelilipan dan terus merasa sakit sebaiknya anda pergih kerumah sakit untuk mengetahui kondisi mata anda. (*)

Baca Juga :  Hujan yang Terus Mengguyur, Pondok Maharta Tangsel Banjir