Beranda Berita Photo Mengejutkan!! Inilah 7 Fakta Unik Kayu Manis Yang Belum Banyak Diketahui!

Mengejutkan!! Inilah 7 Fakta Unik Kayu Manis Yang Belum Banyak Diketahui!

BERBAGI

 

Pondok Aren,Beritatangsel.com- Kayu manis sering digunakan sebagai campuran hidangan baik makanan maupun minuman. Tidak hanya itu, kayu manis juga dikenal memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan seperti untuk diabetes, mengontrol gula darah hingga menurunkan kadar kolesterol.
Tapi ternyata ada sederetan fakta unik yang selama ini tidak banyak diketahui. Seperti dilansir dari Foodbeast, berikut 7 fakta unik tentang kayu manis.

1. Ada dua jenis kayu manis, salah satunya berbahaya jika dikonsumsi.
Ada dua jenis kayu manis yaitu cassia dan ceylon. Casssia banyak didapat dari Indonesia dan China, sedangkan ceylon berasal dari Sri Lanka dan Madagascar. Perbedaannya, Cassia memiliki banyak coumarin yaitu senyawa beracun yang berbahaya bagi tubuh jika dikonsumsi berlebihan.

2. Kisah kaisar Romawi
Kisah pilu yang cukup terkenal di Eropa. Kaisar Nero dari Romawi membakar kayu manis sepanjang dataran Eropa yang ia temukan untuk menebus rasa bersalahnya atas pembunuhan yang tidak sengaja ia lakukan terhadap istrinya. Sejak itu, kayu manis menjadi langka di Eropa.

3. Minyak kayu manis cegah gigitan serangga
Minyak kayu manis, yang biasa digunakan sebagai penambah aroma pada makanan dan minuman ternyata mempunyai manfaat untuk membunuh jentik nyamuk. Minyak kayu manis dapat digunakan sebagai pestisida yang ramah lingkungan.

4. Membuat rambut bercahaya
Pencampuran beberapa sendok kayu manis menjadi pasta dengan madu atau kondisioner akan membuat rambut Anda bercahaya.

5. Harga kayu manis lebih mahal dari perak
Pada abad pertengahan, kayu manis pernah memiliki harga yang sangat mahal, terutama di Roma. Kayu manis dianggap sebagai komoditas yang berharga, mengingat tingginya permintaan dan pasokan rendah. Setelah keteraturan eksplorasi asing, rempah-rempah ini menjadi lebih banyak tersedia dan karena itu lebih terjangkau.

Baca Juga :  Bhabinkamtibmas Polsek Karangampel Cek Kondisi Kesehatan Warga Binaanya

6. Kayu manis adalah bahan dalam pembalseman di zaman kuno
Meskipun Anda mungkin berpikir kayu manis memiliki aroma menyenangkan, ternyata pada masa Mesir kuno, kayu manis digunakan untuk membalsem orang mati.

7. Kayu manis dapat mengontrol gula darah
Menurut sebuah studi, kayu manis telah terbukti dapat menurunkan kadar lipid, seperti kolesterol LDL dan trigliserida dalam darah.

Nah itulah beberapa fakta unik tentang kayu manis yang belum banyak diketahui orang.semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda(*)