Beranda Berita Photo Tips Merawat Rambut Agar Sehat Dan Terlihat Indah

Tips Merawat Rambut Agar Sehat Dan Terlihat Indah

BERBAGI

Pondok Aren, Beriitatangsel.com-Cara merawat rambut agar indah dan berkilau dapat dimulai dengan tidak melupakan kesehatan kulit kepala. Tujuan merawat kesehatan kulit kepala Karena akar rambut tertanam di bawah kulit kepala. Menurut ahli perawatan rambut dan kulit kepala, folikel rambut dipengaruhi oleh kesehatan dan pasokan darah dari jaringan kulit di sekitarnya. Jadi, bisa dibilang jika kulit kepala adalah kunci rambut sehat.

Ketika keramas. Disarankan untuk memilih sampo yang sesuai dengan jenis rambut (normal, berminyak, kering) dan sesuai masalah rambut yang dialami (ketombe, bercabang, rontok). Hindari sampo yang mengandung bahan-bahan keras, seperti ammonium lauryl sulfate atau sodium lauryl sulfate. Ketika keramas dianjurkan untuk menggunakan air hangat. Air panas dapat melenyapkan minyak alami rambut, sedangkan air dingin bisa membuat rambut menjadi kusam. Setelah bersampo, oleskan kondisioner untuk menjaga rambut tetap lembut, berkilau, dan mudah ditata. Diamkan selama dua sampai tiga menit sebelum dibilas hingga bersih.

Setelah keramas. Rambut yang masih basah, tiga kali lebih rentan mengalami kerusakan. Jadi, disarankan untuk tidak menyisir atau menggosok-gosok rambut yang masih basah dengan handuk. Lebih baik tata rambut ketika sudah 90 persen kering dan biarkan rambut kering dengan sendirinya.

Sehari-hari. Agar mahkota Anda senantiasa sehat, jangan lupa untuk mempraktikkan cara merawat rambut dengan meminimalkan penggunaan aksesoris rambut. Jangan terlalu sering menguncir atau mengepang rambut (apalagi terlalu kencang), jangan terlalu lama menyisir rambut, dan trimming rambut secara berkala (tiap 10-12 minggu untuk mencegah rambut bercabang). Kurangi pemakaian produk rambut berbahan kimia dan pemakaian alat penata rambut yangmenggunakan panas,

Makanan dan vitamin rambut. Apa yang Anda konsumsi juga berpengaruh terhadap kesehatan dan keindahan rambut. Oleh karena itu, dianjurkan untuk mengonsumsi makanan sarat protein (telur, susu, kacang, ikan, unggas, daging), zat besi (kacang-kacangan, kerang, tiram, biji labu, bayam), asam lemak omega-3 (salmon, sarden, keju, yoghurt). Anda juga bisa mengonsumsi suplemen biotin untuk membantu mengurangi atau mencegah kerontokan rambut.(*)

Baca Juga :  Group Band Asal SMAN 4 Tangsel Lolos ke Pucuk Cool Jam Festival 2018