Beranda Berita Photo Susah Tidur? Yuk Baca Tips Ini Agar Anda Dapat Tidur Nyenyak!

Susah Tidur? Yuk Baca Tips Ini Agar Anda Dapat Tidur Nyenyak!

BERBAGI

Pondok Aren,Beritatangsel.com- Ternyata tak sedikit orang yang mengalami kesulitan tidur, hanya membolak-balikkan tubuh selama berjam-jam, sebelum akhirnya tertidur dengan gelisah. Hal ini bisa menyebabkan frustasi, karena kurang jam tidur bisa membuat Anda merasa lelah dan suka marah-marah pada keesokan harinya. Sering kurang tidur juga bisa menyebabkan sejumlah masalah kesehatan, karena dianjurkan bagi orang dewasa untuk tidur berkualitas selama 7 jam pada malam hari. Nah berikut adalah berbagai macam cara agar anda tidur dengan pulas. Yuk simak artikel nya sampai habis!

Menjaga suhu ruangan yang tepat

Tempat tidur yang sejuk dan gelap akan membantu Anda untuk tertidur lebih cepat dan tidur lebih baik. Memakai selimut adalah salah satu cara untuk mempertahankan kehangatan badan. Jika Anda menderita hot flashes atau berkeringat di malam hari, ada hal-hal yang bisa Anda lakukan agar tubuh merasa dingin. Kasur cooling pad bisa menjaga suhu tubuh turun dan menarik keringat dari kulit.

Mematikan semua lampu dan peralatan elektronik.

Ruang yang gelap akan membuat otak berfikir bahwa sudah waktunya untuk tidur, sehingga ia melepaskan hormon yang menginduksi rasa kantuk. Jika kamar terlalu terang dan menatap layar televisi bisa menunda pelepasan hormon ini, dan mencegah bisa tertidur. Untuk mengatasi hal ini, menjaga kamar tidur Anda gelap seperti mungkin dapat Anda lakukan dan mematikan semua elektronik setidaknya satu jam sebelum tidur. Hindari menempatkan jam yang bersuara serta mudah terlihat, karena hal ini akan menambah kecemasan jika Anda sedang sulit tidur dan menatap jam yang sudah dinihari.

Menggunakan bantal dan kasur yang nyaman.

Tempat tidur yang terasa tidak nyaman bisa membuiat Anda kesulitan untuk tertidur. Fikirkan untuk mengganti bantal, kasur bahkan sprei Anda dengan yang baru, yang lebih terasa lembut dan nyaman. Cucilah sprei Anda dan menjemur bantal atau kasur secara rutin, karena ini akan menjaga rasa kenyamanan Anda ketika berbaring. Menggunakan aroma minyak esensial Sesuatu seperti bau minyak esensial bisa membantu tubuh dan fikiran Anda rileks. Menurut beberapa penelitian, lavender adalah minyak esensial nomor satu untuk mendorong tidur nyenyak. Taburkan beberapa tetes minyak lavender pada sehelai kain dan di bawah sarung bantal Anda. Anda juga bisa mengencerkan beberapa tetes minyak kedalam air,  dan tempatkan dalam diffuser di kamar tidur Anda. Minyak atsiri Bergamot, marjoram, cendana dan geranium adalah minyak aromaterapi lain yang bisa Anda pilih.

Baca Juga :  Pilar Saga Ichsan Ajak Semua Pihak Lindungi dan Penuhi Hak Anak

Kamar tidur bebas berisik.

Suara berisik sudah pasti sangat mengganggu untuk bisa tertidur. Lakukan yang terbaik untuk menjaga kamar tidur Anda tenang dan sedamai mungkin, dengan menutup pintu dan jendela atau meminta teman serumah untuk mengecilkan televisi.

Berendam air hangat

Berendam dalam air hangat sebelum tidur adalah salah satu metode yang sudah teruji bisa membuat tertidur lebih cepat. Yang pertama karena mandi membantu mengurangi stres dan membantu membersihkan pikiran. Dan yang kedua, mandi air panas akan meningkatkan suhu tubuh Anda,  dan kemudian turun dengan cepat ketika selesai. Hal ini akan memicu tubuh untuk melepaskan hormon yang mendinginkan ketika saatnya untuk tidur. Berendamlah selama 20 menit kedalam air hangat, bisa dengan menambahkan minyak seperti lavender dan chamomile.

Makan camilan dan minuman hangat.

Meskipun makan makanan yang berat sebelum tidur bukanlah hal yang baik, namun perut yang lapar dimalam hari bisa mencegah tertidur. Jadi cobalah untuk menghindari perut lapar ketika ke tempat tidur. Makanan ringan sebelum tidur, seperti sepotong buah, atau yogurt rendah lemak adalah makanan yang sempurna. Atau bisa minum segelas susu hangat yang berisi hormon melatonin yang menginduksi tidur. Setiap makanan kecil yang mengandung karbohidrat kompleks, seperti roti gandum atau sereal, baik karena ini akan meningkatkan tingkat tryptophin dalam tubuh Anda. Tryptopin adalah zat kimia yang mendorong otak untuk memproduksi lebih banyak serotonin, hormon bahagia, santai yang menginduksi tidur. Beberapa makanan ringan sebelum tidur yang perlu dipertimbangkan adalah dari jenis kacang-kacangan atau biji-bijian (terutama biji labu), roti gandum atau biskuit dengan sedikit keju, atau sereal dan susu hangat. Hindari makanan yang sangat berminyak atau pedas.

Baca Juga :  Merintis Kerja Sama Dengan Pihak Luar Negeri, SMKN 2 Tangsel Terus Siapkan SDM Berkualitas

Memakai piyama yang nyaman.

Nyaman di tempat tidur adalah penting agar bisa tertidur dengan cepat, sehingga mengenakan piyama yang nyaman juga sangat penting. Hindari piyama yang terlalu ketat, terbuat dari bahan yang tidak nyaman, atau memiliki kancing yang akan mengganjal saat Anda tidur. Pilih piyama yang longgar dan lembut, yang tidak terlalu panas atau terlalu dingin.

Melakukan beberapa peregangan.

Melakukanperegangan sederhana sebelum tidur bisa membantu melepaskan ketegangan pada otot dan membuat tubuh merasa rileks untuk tidur. Bahkan, sebuah penelitian yang dilakukan oleh Pusat Penelitian Kanker di Seattle menemukan bahwa wanita yang membentangkan tubuh bagian atas dan bawah selama 15 sampai 30 menit sebelum tidur, mengalami penurunan masalah tidur sebesar 30%. Cobalah berbaring telentang di tempat tidur atau di lanta, dan membungkukan kaki kanan seolah-olah mencoba menyentuhkan lutut ke dagu Anda. Anda harus merasakan peregangan di hamstring dan punggung bagian bawah. Tahan posisi ini selama 15 sampai 20 detik, kemudian ulangi dengan kaki yang lain. Duduklah dalam posisi bersila, letakkan tangan kanan Anda di lantai di samping Anda dan angkat tangan kiri keatas telinga. Miringkan tubuh ke kanan, bahu kebawah di lantai, tahan selama 10 sampai 15 detik kemudian ulangi di sisi lain.

Membaca dan menulis atau main game sebelum tidur.

Membaca, menulis dan bermain game sederhana bisa membantu Anda untuk bersantai sebelum tidur, dengan cara melepaskan stres dan mengalihkan perhatian Anda dari fikiran-fikiran lain. Jika Anda memilih membaca, jangan membaca sesuatu yang terlalu menarik atau menakutkan. Beberapa orang merasakan bahwa menulis jurnal sangat terapeutik, karena membantu mereka untuk  mengeluarkan masalah dari pikiran.

Baca Juga :  Belum Ada Pemberitahuan Mendagri ke KPUD Tangsel

Dan masih banyak lagi cara agar anda dapat tidur dengan nyenyak. Semoga tips ini bermanfaat untuk anda(*)