Beranda Berita Photo Hmmm, Punya Perut Buncit Yang Bikin Ganggu? Yuk Baca Selengkapnya Disini

Hmmm, Punya Perut Buncit Yang Bikin Ganggu? Yuk Baca Selengkapnya Disini

BERBAGI
ilustrasi

Pondok Aren, Beritatangsel.com– Perut buncit dapat menjadi masalah yang cukup mengganggu dan memalukan bagi banyak orang.

Area perut adalah tempat di mana lemak paling banyak tertimbun karena otot-otot pada bagian tersebut paling jarang digunakan dan dilatih sehingga banyak sekali lemak yang ada di perut kita. Berikut adalah cara-cara menghilangkan lemak.

Cara mengecilkan perut buncit

Seorang pria dikatakan memiliki perut buncit yang mengarah kepada obesitas bila lingkar perutnya >102cm dan parameter untuk wanita yaitu >88cm.

Selain bentuk tubuh menjadi tidak ideal dan sulit untuk menemukan pakaian yang pas untuk tubuh, seseorang yang memiliki perut buncit mempunyai faktor risiko yang lebih besar untuk terserang berbagai penyakit tertentu, seperti penyakit kolestrol, diabetes, dan juga penyakit jantung.

Oleh karena itu, perut buncit tidak boleh  disepelekan begitu saja dan Anda harus mulai mengambil langkah untuk mengecilkannya. Olahraga atau aktivitas fisik yang teratur dan diet adalah dua poin penting yang harus dilakukan sebagai cara mengecilkan perut buncit. Mari kita kupas satu per satu kedua poin tersebut.

OLAHRAGA/ AKTIVITAS FISIK

Olahraga menjadi salah satu langkah penting untuk mengecilkan perut buncit. Dengan berolahraga atau melakukan aktivitas fisik secara teratur, kalori yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan dapat dimetabolisme dan diubah dengan baik menjadi energi sehingga tidak tertimbun menjadi lemak.

Seseorang disarankan melakukan olahraga secara teratur minimal 3x seminggu dengan durasi masing-masing minimal 30 menit. Beberapa olahraga atau aktivitas fisik yang dapat Anda lakukan untuk mengecilkan perut buncit yaitu:

A. Senam Aerobik

Senam Aerobik adalah salah satu jenis olahraga yang paling direkomendasikan karena dapat membakar kalori secara bertahap dan konsisten.

Baca Juga :  Antisipasi Penyebaran Virus HIV/AIDS PSK Di Razia

Berbeda dengan olahraga lain yang menguras tenaga dalam seketika seperti sepak bola atau lari jarak pendek, senam aerobik mempertahankan unsur-unsur penting dari aktivitas fisik yang baik, yaitu berkesinambungan, memiliki ritme dengan intensitas yang teratur berupa gerakan pemanasan, klimas, dan pendinginan. Hal tersebut membuat asupan oksigen yang dipakai tidak cepat habis dan dapat membakar kalori secara efektif.

B. Berenang

Berenang adalah olahraga yang dapat mengecilkan perut buncit tanpa memberikan beban pada titik tumpuan tertentu dari tubuh.

Hal ini akan sangat membantu seseorang yang memiliki obesitas untuk dapat berolahraga dengan nyaman tanpa membebani kakinya untuk menopang badan. Prinsip pada olahraga renang tidak jauh berbeda dengan senam aerobik, dimana pembakaran oksigen dan kalori terjadi secara bertahap.

C. Jogging

Jogging atau lari santai adalah pilihan olahraga paling sederhana untuk mengecilkan perut buncit. Setiap harinya Anda disarankan untuk melakukan olahraga ini minimal 30 menit untuk membakar 500-900 kalori dari tubuh Anda.

Jika Anda tidak memiliki waktu khusus untuk jogging, aktivitas seperti naik turun tangga atau memarkirkan kendaraan Anda jauh dari tempat kerja atau pusat perbelanjaan dapat Anda lakukan untuk tetap menjaga aktivitas fisik Anda.

D. Bersepeda

Bersepeda adalah kegiatan yang termasuk salah satu olahraga aerobik yang dapat membakar kalori secara bertahap dan dapat mengecilkan perut buncit dengan efektif.

Bersepeda 30 menit setiap harinya setara dengan pembakaran kalori sebesar 300 kalori. Selain perut buncit yang menghilang, kegiatan bersepeda juga dapat melatih otot paha dan tungkai Anda agar lebih kuat.

Nah, anda tertarik untuk mencobanya?(*)