Beranda Berita Photo Masih Mau Makan Apel Atau Pear Beserta Kulitnya? Baca Artikel Ini..

Masih Mau Makan Apel Atau Pear Beserta Kulitnya? Baca Artikel Ini..

BERBAGI

Tangerang, Beritatangsel.com- Mengkonsumsi buah sangat baik untuk tubuh, karena kaya akan vitamin, antioksidan dan kemampuan menangkal radikal bebas. Sering muncul pertanyaan, supaya manfaatnya maksimal, makan buah haruskah dikupas kulitnya?

Seperti buah apel, pear memang wajib dibuang kulitnya, dan jangan khawatir vitaminnya berkurang  gara-gara kulitnya dibuang.

Menurut Dr Marudut MPS pada Nova.id, vitamin tertinggi pada buah ada pada dagingnya.

Kalau tidak dikupas kulitnya, buah akan terkontaminasi pestisida. Masalahnya, di Indonesia penggunaan pestisida bisa dilakukan secara bebas.

Pestisida merupakan bahan kimia yang digunakan untuk membasmi hama.

Bayangkan apa yang akan terjadi jika pestisida yang melekat di kulit buah termakan oleh kita? Meskipun sudah dicuci, paparan pestisida tak sepenuhnya hilang.

“Dampaknya akan mengalami gangguan kesehatan. Bisa jadi kanker, salah satunya sebagai pencetus gangguan metabolisme,” lanjutnya.

Langsung Dimakan

Buah-buahan yang telah dikupas harus segera dimakan.  Jika buah dibiarkan terbuka tanpa kulit, vitamin C di daging buah akan mudah rusak karena proses oksidasi.

Vitamin C di daging buah bisa hilang sekitar 30%. Jika kandungan vitamin C hilang maka manfaat buah tidak maksimal.

Jika ditanya, buah bisa bertahan berapa lama terbuka tanpa kulit? Memang tidak ada patokan yang pasti berapa lamanya. Setidaknya sampai dihabis” /> terbuka kulitnya. (*)

Baca Juga :  Bisa Membantu Kesehatan Ilmu Bela Diri Gelang Patih