Beranda Berita Photo Mantap!!! 6 Manfaat Ketan Hitam Ini Belum Banyak Diketahui, No 6 Ngga...

Mantap!!! 6 Manfaat Ketan Hitam Ini Belum Banyak Diketahui, No 6 Ngga Nyangka

BERBAGI

Pondok Aren, Beritatangsel.Com – Apakah anda salah satu pengonsumsi Beras Ketan Merah? Beras ketan hitam merupakan beras ketan yang berwarna hitam. Siapa yang menyangka bahwa beras jenis ini memiliki segudang nutrusi dan manfaat yang berguna bagi tubuh.

Tak hanya lezat, Ternyata Beras ketan merah ini pun memiliki segudang manfaat bagi tubuh anda.  Lalu manfaat apa saja yang terkandung pada Beras ketan merah? Yukk Simak semua manfaatnya!!

1. Sebagai bahan olahan makanan

Manfaat yang pertama Beras ketan hitam adalah, memang tidak populer untuk digunakan serta merta sebagai bahan makanan lansung konsumsi seperti beras lainnya. Namun beras ketan hitam dapat diolah menjadi berbagi penganan lezat yang tidak kalah menarik seperti bubur ketan hitam, tape ketan hitam, bugis ketan hitam, martabak ketan hitam maupun bolu ketan hitam.

sponsored links

 
2. Sebagai cadangan bahan makanan bagi tubuh

Yang satu ini mungkin sudah sering anda lalukan, Kandungan energi dan karbohidrat yang tinggi pada beras ketan hitam dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama dikarenakan makanan ini dapat dijadikan sebagai cadanga bahan makanan yang sewaktu-waktu dibutuhkan oleh tubuh.

3. Membantu menjaga kesehatan kulit

Manfaat yang ini mungkin jarang diketahui orang, Beras ketan hitam dapat digunakan untuk menjaga kelembabab kulit seperti jenis beras lainnya karena bersifat mendinginkan kulit dan membuat kulit tampak lebih halus dan cerah.

Cara memanfaatkannnya adalah dengan menggunakannya sebagai lulur maupun masker wajah untuk mengangkat sel-sel kulit mati guna menggantikannya dengan sel-sel kulit yang baru.

4. Membantu mencegah anemia

Yang ke 4 adalah membantu mencegah  anemia, Kandungan zat besi dalam beras ketan hitam dapat membantu Anda dalam mencegah penyakit anemia. Anda dapat mendapatkan manfaat ini dengan cara mengkonsmsi beras ketan hitam sesekali sebanyak 2-3 kali dalam dalam seminggu.

Hal ini dikarenakan zat besi yang juga terkandung dalam beras ketan hitam dapat berguna untuk membantu memproduksi hemoglobin dalam darah yang dibutuhkan oleh penderita anemia.

5. Membantu menjaga kesehatan otak

Manfaat ke 5 ini sangat mengejutkan, konsumsi beras ketan hitam dapat membantu fungsi otak agar tetap baik yang berguna dalam pertumbuhan kognitif dan perkembangan otak.

Menurut penelitian yang telah ada, kekurangan fosfor dalam tubuh dapat menimbulkan resiko masalah kognitif dan masalah neurologis lain pemicu penyakit alzhemeir dan dimensia.

6. Membatu menjaga kesehatan tulang dan gigi

Kandungan fosfor dan kalsium pada beras ketan hitam dapat berguna untuk membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Fosfor dan kalsium ini memiliki peranan penting dalam membuat tulang dan gigi menjadi kuat, bahkan kekurangan fosfor dalam menyababkan penyakit tulang keropos atau osteoporosis pada orang dewasa.
 
Nah itu dia tadi manfaat dari beras ketan merah yang jarang diketahui banyak orang, semoga artikel ini dapat bermanfaat. (*)

Baca Juga :  Habis Memancing di Rawa Pamulang, Seorang Pria Tewas Mendadak.