Beranda Berita Photo Cegah Penyusutan Lahan Di Setu Tangerang, PUPR Lakukan Sertifikasi Lahan

Cegah Penyusutan Lahan Di Setu Tangerang, PUPR Lakukan Sertifikasi Lahan

BERBAGI

Situ,Beritatangsel.com- Dalam rangka memverifikasi lahan situ di wilayah Jabodetabek yang dilakukan Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) pada Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dilakukan sebagai langkah awal sertifikasi lahan situ. Ini juga untuk mencegah penyusutan lahan itu.

Direktur Jenderal Penataan Ruang pada Kementerian Agraria dan Penataan Ruang/BPN, Budi Situmorang mengatakan penataan situ saat ini masuk dalam wilayah Penataan Ruang. Dengan verifikasi situ ini, menurutnya target ke depannya adalah membuat sertifikat untuk situ.

“Situ ini berada di tanah negara. Jadi negara yang harus mengelola. Domain pengelolaannya, nanti akan ditentukan apakah pemerintah daerah, Pemprov atau kementerian,” ujarnya di Situ Sasak, Pamulang, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Verifikasi dan pengukuran situ ini menurutnya bakal dilakukan di seluruh Indonesia. Pengukuran awal yang dilakukan yakni di wilayah Jabodetabek. “Dengan begitu, nantinya akan diketahui batasan-batasan situ tersebut,” tandasnya.

Pada pengukuran ulang lahan situ di Kota Tangsel, menurutnya bakal dilakukan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Tangsel. “Nantinya, petugas BPN bakal didampingi pihak kelurahan dan masyarakat setempat,” katanya.

Kepala BPN Kota Tangsel, Asnawati mengaku siap melakukan pengukuran lahan situ. Namun, ia meminta terlebih duhulu dilakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait rencana pengukuran tersebut(*)

Baca Juga :  Layanan Masyarakat : SABER, Sapu Bersih Pungutan Liar di Sekolah