Beranda Berita Photo Pemerhati Satwa Sesali Pemkot, Beri izin Kontes lumba-lumba

Pemerhati Satwa Sesali Pemkot, Beri izin Kontes lumba-lumba

BERBAGI

Tangerang, Beritatangsel.com-Dihampir seluruh negara, pentas lumba-lumba dan satwa sudah tak lagi dilakukan. Pasalnya, selain dianggap mengeksploitasi, berbagai atraksi yang dilakukan mamalia laut cerdas ini juga dinilai menyiksa satwa yang dilindungi oleh Undang-undang.Aktivis pemerhati satwa Jakarta Animal Aid Network (JAAN), Benfica, menyesalkan masih ada saja pemerintah daerah, salah satunya Pemkot Tangerang yang memberikan izin terhadap pentas lumba-lumba tersebut.

“Ya, sangat kita sesalkan masih ada pemda yang memberikan izin pentas lumba-lumba digelar di wilayahnya. Tapi ada beberapa juga pemda yang merespon melarang pentas itu dan sangat kita apresiasi,” tutur Benfica, Rabu (15/3/2017).

Padahal, dengan kondisi lumba-lumba yang berada di dalam kolam akan berpengaruh terhadap usia satwa tersebut. Berbeda dengan di habitatnya, usia lumba-lumba akan lebih pendek karena kelelahan melakukan berbagai atraksi yang diperintahkan.

“Usai mereka akan lebih pendek karena kelelahan karena lumba-lumba dibuat lapar agar menuruti perintah instruktur melakukan berbagai atraksi,” jelasnya

Di Banten sendiri, pentas lumba-lumba juga pernah digelar di beberapa wilayah. Salah satunya di Kabupaten Lebak. Meski menuai kecaman, namun pentas yang dinilai tak mengandung edukasi tersebut tetap berlangsung.

Terkait hal ini, upaya mengkonfirmasi Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Ivan Yudhianto. Namun, belum mendapat jawaban. (*)
(AA).

Baca Juga :  Polres Tangsel Musnahkan 46.600 gram Ganja Kering dan 99.40 gram Sabu