Dinas Koperasi Geber, Para Anggota Lakukan Pengelolaan Manajemen Koperasi

banner 468x60

Serpong, Beritatangsel.com – Koperasi seperti halnya organisasi yang membutuhkan Manajemen yang baik agar tujuan Koperasi tercapai dengan efisien. Hal yang membedakan manajemen koperasi dengan manajemen umum adalah terletak pada unsur-unsur manajemen koperasi, yaitu rapat anggota, pengurus dan pengawas.

Adapun tugas masing-masing dapat diperinci sebagai berikut : Rapat Anggota, bertugas untuk menetapkan anggaran dasar, membuat kebijaksanaan umum, mengangkat atau memberhentikan pengurus dan pengawas. Sedangkan Pengurus koperasi bertugas memimpin koperasi dan usaha koperasi, pengawas tugasnya mengawasi jalannya koperasi.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Dengan kurangnya pemahaman tugas dan fungsi masing-masing anggota koperasi, Dinas Koperasi mengadakan Pelatihan Manajemen Pengelola Koperasi/KUD yang diselenggarakan di Saung Serpong, Serpong, Selasa (14/3).

“Koperasi saat ini, masih sulit untuk berkembang tidak seperti jaman dulu, pasalnya koperasi didirikan karena adanya masalah bersama, beda halnya dengan saat ini yang mendirikan koperasi tanpa adanya masalah dan malah di salah gunakan,” kata Asep selaku fasilitator acara.

Tujuan dilaksanakannya pelatihan ini untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan pengurus anggota tentang manajemen pengelola koperasi. Acara tersebut turut dihadiri oleh 96 Koperasi se-Tangsel, Kabid Kelembagaan Koperasi, Bendahara dan Sekretaris di setiap koperasi.

“Diharapkan para pengurus koperasi baru, dengan adanya acara ini dapat memahami tugas dan fungsinya masing-masing. Sekaligus launching Klinik Konsultasi Koperasi dan konsultasi dimulai pada bulan April,” jelas Nurhayati selaku Kabid Kelembagaan Koperasi.

(Syerin/Niga)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *