Beranda Berita Photo Dalam Rangka Mengurangi Kesenjangan Dan Mencapai Kesetaraan Gender,DMPPPAKB Lakukan Penguatan Focal Point...

Dalam Rangka Mengurangi Kesenjangan Dan Mencapai Kesetaraan Gender,DMPPPAKB Lakukan Penguatan Focal Point Gender

BERBAGI

Serpong, Beritatangsel.com-untuk percepatan pelaksanaan strategi Pengarustamaan Gender (PUG) di seluruh kegiatan di bidang pembangunan Kota Tangsel, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPMPPPAKB) Kota Tangsel menggelar kegiatan penguatan Gender Focal Point (GFP) di Serpong, Jumat (10/3/2017).

“Harapannya dengan pelaksanaan ini dapat menghasilkan output yang baik dan efektif, terutama focal point yang telah ditentukan. Responsif gender dalam kegiatan pelayanan dapat dimplementasikan yang memberikan manfaat bagi tindak lanjut PUG,” kata Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Dinas PMPPPAKB Tangsel, Khairati.

Dalam acara tersebut turut dihadiri oleh Wakil Walikota Tangsel,Benyamin Davnie, beliau menjelaskan bahwa gender mengacu pada perbedaan peran, fungsi dan tanggung jawab laki-laki dan perempuan yang terjadi akibat dari sosial dan budaya masyarakat. 

“PUG merupakan strategi untuk mengurangi kesenjangan gender dan mencapai kesetaraan gender dengan cara perspektif gender dalam proses pembangunan.” Tuturnya.

“Adanya pengarustamaan gender dapat mengurangi kesenjangan dan mencapai kesetaraan gender,” Sambung Benyamin.

Benyamin Davnie menambahkan “PUG adalah proses untuk menjamin perempuan dan laki-laki mempunyai akses dan kontrol terhadap sumber daya, memperoleh manfaat pembangunan dan pengambilan keputusan disemua tahap proses pembangunan.”

“Focal Point PUG adalah aparatur perangkat daerah yang mempunyai kemampuan untuk pengarustamaan gender di unit kerja masing-masing. Dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan masyarakat, masih perlu  dilakukan pengintegrasian gender melalui penguatan kelembagaan, penyusunan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi atas kebijakan program dan kegiatan responsif gender,” tutur nya.

Benyamin Davnie berharap dengan hasil kegiatan tersebut dapat menunjang penyelenggaraan pemerintahan yang ada di Kota Tangsel.(*)
(AA) (Vitria).

Baca Juga :  Tangerang Akan Membangun Konsep Rumah Gudang Surya Grand Cisoka