Beranda Berita Photo Enggak Mau Mata Minus? Berikut Adalah Cara Pencegahan Mata Minus

Enggak Mau Mata Minus? Berikut Adalah Cara Pencegahan Mata Minus

BERBAGI

Pondok Aren,BeritaTangsel.com -Mata minus merupakan sebuah keadaan kelainan mata yang disebabkan karena retina pada bagian mata tidak dapat menangkap cahaya dengan fokus. Akibatnya mata tidak bisa fokus untuk melihat dengan baik pada objek dengan jarak jauh. Mata minus paling sering ditemukan terjadi pada anak-anak, remaja usia sekolah, orang dewasa yang sudah bekerja dan juga orang tua. Banyak orang yang memakai kaca mata minus sebagai langkah untuk memperbaiki kondisi mata. Kacamata minus dipakai untuk memperbaiki lensa mata sehingga mata bisa melihat dengan jelas semua objek dengan jarak jauh.

Mata minus selalu ditandai dengan pandangan mata kabur untuk semua objek dengan jarak jauh. Jika anda memiliki anak-anak yang masuk sekolah atau baru masuk sekolah maka bisa meminta anak membaca atau melihat sebuah benda dengan jarak tertentu dalam ruangan. Bahkan anak-anak yang tidak bisa melihat sebuah benda dengan jelas juga bisa menjadi terkena gejala mata minus. Pada remaja dan orang tua sudah bisa mengenali mata minus dengan baik dari berbagai gejala seperti pandangan mata kabur, kepala sering pusing, mual-mual, muntah dan berbagai rasa yang tidak nyaman pada mata. Untuk memastikan kondisi mata maka disarankan untuk melakukan pemeriksaan ke dokter mata atau ahli mata yang sudah menguasai bidang ini.

 Apakah mata minus dapat dicegah? Berikut adalah beberapa cara unuk mencegah mata minus yang paling praktis dan bisa dilakukan semua orang.

  1. Hindari kebiasaan menulis dengan jarak yang dekat, hal itu bisa merusak jarak kemampuan pandangan normal mata.
  2. Memberikan waktu istirahat untuk mata dengan tidak melihat semua benda dengan layar tajam misalnya seperti komputer, laptop, televisi dan gadget. Anda bisa keluar rumah dan melatih otot mata dengan cara melihat berbagai objek dengan jarak yang lebih jauh.
  3. Biasakan untuk membaca atau melakukan pekerjaan lain dengan jumlah cahaya yang cukup sehingga mata menjadi lebih nyaman.
  4. Cara mencegah mata minus dengan membiasakan saat membaca atau melakukan semua pekerjaan yang dibantu dengan komputer pada jarak dan sikap tubuh yang tegak.
  5. Jika Anda memiliki anak-anak maka biarkan anak-anak lebih banyak bermain diluar dan tidak terlalu sering melihat semua benda dengan layar seperti televisi dan komputer.
  6. Jika Anda berada di luar dan mengemudi pada siang hari maka biasakan untuk memakai kacamata pelindung cahaya matahari.
Baca Juga :  Warga Apresiasi Gerak Cepat DLH Kota Tangsel Respon Keluhan Warga

Nah, tips untuk mencegah mata minus sudah diberikan, Jadi selamat mencoba.(*)

(HDP)