Beranda Berita Photo One Day Service Toilet Akan Diterapkan Dindik Kota Tangerang Di Berbagai Sekolah

One Day Service Toilet Akan Diterapkan Dindik Kota Tangerang Di Berbagai Sekolah

BERBAGI

Kota Tangerang, Beritatangsel.com – Dinas Pendidikan Kota Tangerang merencanakan program One Day Service Toilet, di semua sekolah menengah pertama (SMP) negeri dan swasta di Kota Tangerang.

Kepala Bidang Pembinaan SMP, Jamalludin menuturkan, program tersebut dikhususkan bagi siswi yang sedang menuju masa pubertas karena sudah mengalami fase menstruasi.

“Program ini kami rencanakan setelah tahun lalu Menpan-RB memberikan penghargaan kepada salah satu sekolah yang sudah menerapkan program tersebut. Maka kami coba mengadopsi program tersebut di Kota Tangerang,” ungkapnya.

Jamalludin menjelaskan, program One Day Service Toilet nantinya akan menyediakan berbagai fasilitas untuk siswi yang sedang mengalami menstruasi di sekolah seperti pembalut dan celana dalam.

“Kadang anak-anak ketika mengalami menstruasi dan sedang berada disekolah sering merasa malu, apalagi yang baru pertama kali. Penyebabnya banyak, bisa dari darah yang tembus dan juga hal lainnya, maka jika kejadian tersebut terjadi tugas kita disekolah harus menanggulanginya,” jelasnya.

Jika program tersebut telah berjalan, pihak sekolah diharuskan menyediakan rak kecil disetiap toilet perempuan, yang didalamnya berisi pembalut dan juga celana dalam.

“Untuk saat ini kita masih tahap perencanaan dan sosialisasi. Yang penting saat ini sekolah bisa menyediakan pembalut dan celana dalam di UKS atau di PMR,” ujar Jamalludin.

Meski begitu, program ini baru akan diterapkan pada tingkat SMP. karena, rata-rata siswi mengalami pubertas pada masa SMP.

“Jika anak-anak di tingkat sekolah dasar sudah mengalami menstruasi nanti akan kita jadikan program wajib bagi sekolah di Kota Tangerang. Tapi saat ini programnya masih dalam tahap kajian,” pungkasnya.

Baca Juga :  Sat Reskrim Polres Tangsel Tangkap Pelaku KDRT di Bandung