Beranda Berita Photo Ihh!! Masih Mau Males Mandi Setelah Baca Artikel Ini? Inilah Dampak Buruk,...

Ihh!! Masih Mau Males Mandi Setelah Baca Artikel Ini? Inilah Dampak Buruk, Saat Anda Malas Mandi

BERBAGI
ilustrasi

Pondok Aren, Beritatangsel.com -Mandi adalah kegiatan yang harus rutin di lakukan setiap orang pada pagi dan sore, guna membersihkan kotoran atau keringat sehabis beraktivitas seharian. Namun kadang hal ini biasa di lupakan karena terlalu merasa capek dan memilih untuk tidak mandi.

Seperti yang dikatakan oleh para ahli, Manusia memiliki lebih dari 3 juta kelenjar keringat yang bisa ditemukan di dermis dan permukaan kulit. Saat melakukan aktivitas fisik, kelenjar tersebut akan mengeluarkan keringat kurang lebih 2 liter setiap harinya. Pengeluaran keringat tersebut tentunya disertai dengan keluarnya kotoran dari dalam tubuh. Dan jika itu dibiarkan, maka akan berakibat munculnya bau badan yang akan sangat menganggu. Untuk itu kita memerlukan mandi untuk membersihkan kotoran-kotoran yang menempel ditubuh kita.

Namun bagaimana dengan orang yang jarang mandi? Mereka biasanya memiliki alasan kenapa jarang melakukan kegiatan tersebut, seperti karena sedang terburu-buru, karena sedang sakit atau alasan karena hawa dingin. Namun tahukah anda bahwa itu bisa berampak buruk bagi anda?

1. Bakteri Bermunculan

hal ini pasti akan terjadi ketika anda jarang mandi, Bakteri biasanya akan muncul di area lipatan kulit, sementara di area tersebut keringat juga keluar. Itulah sebabnya kamu disarankan untuk rajin mandi agar tubuhmu selalu wangi dan tidak menjadi sarang bakteri.

2.  Munculnya Jerawar

Apakah anda pernah menyadari bahwa ketika anda jarang mandi akan Munculnya jerawat juga menjadi salah satu dampak buruk dari jarang mandi. Sebabnya saat kamu tidak mandi, kamu akan jarang cuci muka. Akibatnya keringat, sel kulit mati, serta bakteri akan berkumpul menjadi satu dan tidak dibersihkan. Hal inilah yang kemudian membuat munculnya jerawat.

3.  Srangan Kuman

Baca Juga :  Pelaku Pencurian Sawit Bersyukur Kasus Diselesaikan Secara Restorative Justice

Yang ini mungkin tak terbayang oleh anda ternyata jarang mandi ini Tak hanya bakteri, kuman juga akan berkumpul di tubuh saat kamu jarang mandi. Jumlah kuman yang banyak akan mulai menyerang tubuh serta masuk ke seluruh sistem. Salah satu dampak buruknya adalah kamu jadi mudah sekali terkena gangguan pencernaan atau flu.

4.  Munculnya Tanda Coklat di Kulit

Ini juga tak kalah menyeramkan Saat kamu jarang mandi, segala macam kotoran termasuk daki akan berakumulasi dan menempel di kulitmu. Ketika tidak dibersihkan, maka akan berubah menjadi bercak cokelat yang membesar. Kondisi ini disebut dengan Dermatitis Neglecta yang bisa menimbulkan bahaya kulit lainnya.

5.   Kulit Meriang

Ini adalah dampak buruk yang terakhir yaitu, Salah satu efek buruk dari kotoran yang menumpuk di kulit adalah terjadinya peradangan di kulit. Peradangan ini kemudian membuat munculnya eksim yang akan memburuk karena menimbulkan rasa gatal. Kamu jadi cenderung mudah menggaruknya yang bisa membuat kulitmu jadi lecet, luka, dan menimbulkan bekas luka yang merusak keindahan kulit.

Nah itulah dampak buruk jika anda jarang mandi, ternyata seram juga yah, apa kalian masih mau jarang mandi setelah tau dampak buruk ini? Semoga artikel ini dapat memberikan sedikit Informasi dan membuat anda rajin mandi. (*)

(Nmp)