Beranda Berita Photo Mengejutkan!! Kantong Plastik Hitam yang Memiliki Segudang Manfaat Ternyata Berbahaya Bagi Kesehatan

Mengejutkan!! Kantong Plastik Hitam yang Memiliki Segudang Manfaat Ternyata Berbahaya Bagi Kesehatan

BERBAGI
ilustrasi

pondok Aren, Beritatangsel.com– Apakah anda salah satu pengguna Plastik Hitam?  Kantong plastik hitam ini sering dimanfaatkan untuk membungkus berbagai jenis barang, baik itu sebagai pembungkus makanan, barang, belanjaan, bahkan pembungkus sampah. Tapi apakah anda tahu plastik yang anda gunakan itu cukup berbahya? Mungkin yang ada dibenak anda kenapa Plastik yang mempunyai segudang manfaat dapat berbahaya?  Yukk ketahui bahayanya.

Tidak jarang bahwa masyarakat awam masih banyak yang menggunakan plastik tersebut dan sangat banyak juga ditemukan makanan matang tanpa pembungkus seperti gorengan ini dimasukkan pada tas kresek. Padahal bahaya kantong plastik hitam ini sudah dijelaskan oleh BPOM. Plastik kresek ini lebih berbahaya dikarenakan jenis plastik ini terbuat dari olahan plastik daur ulang.

Namun apakah anda tahu bahan daur ulang apa yang digunakan dan bekas dipakai apa? karena kita tak tahu asal muasalnya Bagaimana jika bahan tersebut bekas wadah pestisida, kotoran hewan atau manusia, wadah logam berat, atau wadah limbah Kita tidak pembungkus apa plastik-plastik tersebut. Bisa jadi digunakan sebagai rumah sakit.

Diketahui bahwa Proses pembuatan kantong plastik hitam daur ulang ini diawali dengan suhu tinggi hingga meleleh. Bahaya kantong plastik hitam ini juga dikarenakan penambahan zat kimia saat proses pembuatannya. Untuk bahan pembuatannya ini meliputi polivinil klorida (PVC) yang ditambah dengan penyetabil timah putih, residu, cadmium, serta bahan kimia lainnya yang akan membahayakan kesehatan bila masuk ke dalam tubuh manusia.

Mendengar Faktanya saja mengenai tas kresek yang merupakan produk daur ulang sudah menunjukkan bahaya penggunaannya. Bahaya plastic inipun juga didukung karena dicampuri dengan bahan berbahaya seperti pewarna serta bahan antioksidan pada proses pembuatannya. Sehingga akan sangat membahayakan kesehatan tubuh manusia dan tak layak jika digunakan untuk pembungkus makanan.

Baca Juga :  SDN Pondok Betung 01 Sambut Maulid Nabi SAW dan Sumpah Pemuda dengan LOKETA

Ternyata Bahaya kantong plastik hitam ini akan berdampak pada kesehatan tubuh. Tubuh yang sering kemasukan makanan yang terbungkus plastik kresek lama kelamaan akan beresiko terkena penyakit berbahaya. Penyakit tersebut meliputi pembengkakan organ hati, mengalami masalah sistem syaraf, hepatitis, serta kanker. Bahaya ini memang tidak tanggung-tanggung.

Maka akan menjadi lebih baik lagi jika anda menghindari penggunaan kantong plasti ini dan menggantinya dengan menggunakan wadah Non Plastik saat membeli makanan. (*)

(Nmp)