Beranda Berita Photo Sudah Amankah Es Batu Yang Anda Konsumsi?

Sudah Amankah Es Batu Yang Anda Konsumsi?

BERBAGI

Pondok Aren,Beritatangsel.com –setiap orang mempunyai seleranya masing-masing, ada yang suka dengan minuman yang hangat maupun dingin. bagi anda penggemar minuman dingin pasti sangat membutuhkan es batu untuk pelengkap atau penyegar rasa minuman apalagi jika cuaca sedang terik. Namun pernah kah terpikir di benak anda apakah es batu yang kita konsumsi tersebut sudah aman? Dan terbuat dari air matang atau air mentah? Lantas bagaimana caranya untuk membedakannya? Nah dibawah ini ada tips untuk anda membedakan es yang terbuat dari air matang atau air mentah :

Es dari Air Matang

Es yang terbuat dari air matang akan terlihat warna bening. Karena gas yang terdapat di dalam air terlepaskan ketika proses perebusan terjadi. Selain itu ketika proses pendinginan terjadi sedikit gas yang terperangkap di dalam es karena kandungan udara  dalam air berkurang. Es semacam ini biasanya disebut sebagai es Kristal atau es cube.

Es Kristal mempunyai bentuk seperti pipa atau berlubang, dan biasanya sudah banyak di jumpai di beberapa restaurant. Es batu jenis ini sudah aman di konsumsi dan tidak beresiko memiliki kandungan bakteri di dalamnya karena air yang digunakan air yang sudah matang.

Es dari Air Mentah

Sedangkan es yang terbuat dari air mentah terlihat berwarna putih layaknya warna susu. Hal tersebut dikarenakan masih banyak gas atau oksigen yang berada di dalamnya. Biasanya es jenis ini adalah berupa es balokan atau es dalam bungkusan plastik. Ini jelas sangat berbahaya untuk di konsumsi dan tidak baik untuk kesehatan. Terlebih, apalagi bila air yang digunakan untuk membuat es ini diambil dari air sungai yang tercemar.

Baca Juga :  Mobil Milik Wakil Pimprus Beritatangsel.com Dibobol Komplotan Pencuri

 Bahaya es dari air mentah yaitu dalam air mentah terdapat banyak bakteri e-coli, yaitu dapat menyebabkan masalah penernaan yang serius, merusak ginjal dan melemahkan dinding usus. Penelitian dari florida selatan yang membandingkan es batu dengan air toilet , hasilnya es batu mengandung 70% lebih banyak kuman daripada air toilet. Tentu tidak ada beda nya dengan di Indonesia yang notabe nya es batu terbuat dari air mentah. Bahkan di Jakarta yang pabrik es batunya dekat dengan ciliwung , memakai air mentah sungai dan dicampur dengan pemutih.

Sekarang anda sudah bisa mengetahui dan membedakan mana es batu yang terbuat dari air matang dan mana yang terbuat dari air mentah. Semoga bermanfaat(*)

(vitria)