Beranda Berita Photo Ini Hasil Rekapitulasi DPT oleh KPU Tangsel Jelang Pilgub Banten

Ini Hasil Rekapitulasi DPT oleh KPU Tangsel Jelang Pilgub Banten

BERBAGI
Ketua KPU Kota Tangsel, Muhammad Subhan (Kiri) dan Kabid Disducapil Kota Tangsel, Heru Sudarmanto (Kanan)

Serpong, Beritatangsel.com – Dalam rapat pleno terbuka Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Tangsel Selasa (6/12/2016) menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Banten tahun 2017 mendatang.

Rapat Terbuka tersebut digelar di Bilangan BSD Serpong Kota Tangsel. Dalam Rapat Pleno Terbuka langsung Dihadiri Oleh Anggota Komisioner KPUD Tangsel, Perwakilan Polres, Kesbangpolimas, Disdukcapil, Panwas, Anggota PPK Se-Tangsel, dan perwakilan dari tim Pemenangan Pasangan Calon Cawagub dari nomor urut 1 dan 2.

Komisioner KPU Tangsel Bidang Data, Ahmad Mujahid Zein menjelaskan masyarakat pada umumnya bisa memilih apabila sudah melakukan perekaman e-KTP, yang masuk sebagai pemilih tambahan.
 
“Sedangkan untuk daftar pemilih tetap untuk saat ini adalah 881.382 pemilih yang terdiri dari 437.448 untuk laki-laki, dan 443.934 untuk perempuan sedangkan untuk jumlah total TPS sebanyak 2.205,”
 
“Ini adalah hasil coklit pemuktahiran data, dan pemilih juga sudah masuk dalam database SIAK, jadi tidak dapat diprediksi juga untuk pemilih dikarenakan dinamis jadi kami tidak dapat memastikan kenapa berkurang dan bertambah, ” Terangnya
 
Dan kami juga berharap pada proses pengumuman Daftar pemilih sementara (DPS) itu banyak partisipasi dari masyarakat untuk melakukan pengecekan, sehingga apabila belum terdaftar bisa langsung datang ke PPS, yang mana saat ini sudah penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan tidak ada lagi penetapan DPTB 1 jadi apabila ada tambahan bisa langsung di TPS.
 
“Selain itu juga kita berharap semua bisa terkaper terhadap pemilih tambahan yang datang langsung ke TPS, namun ketika nanti ada pemilih tambahan yang banyak itu juga sudah diatur dalam PKPU terkait kebutuhan surat suara, “
 
“Jadi surat suara yang sesuai dengan DPT disetiap TPS ditambahkan dengan cadangan sebanyak 2,5% dari jumlah DPT, na apabila masih tetap tidak cukup untuk pemilih tambahan maka pemilih dapat melakukan hak pilihnya di TPS terdekat, ” Pungkasnya.

Baca Juga :  KPU Tangsel Digeruduk Pendemo

Sementara itu menurut Kepala Bidang Kependudukan Disdukcapil Kota Tangsel, Heru Sudarmanto Mengatakan Berdasarkan surat edaran mendakri bagi yang belum memiliki E-KTP nanti ada surat keterangan telah melakukan perekaman dan iyu yang diutamakan, dan sudah masuk dalam database. Dan mengenai kewenangan hak pilih semua ada di KPU.

“Pada intinya Disdukcapil Tangsel memberikan suport penuh kepada KPU terkait database yang ada di data SIAK karena itu uang kami yakinkan database penduduk Tangsel, ” ungkapnya
 
“Dan kami juga sudah menyampaikan kepada KPU bahwa masyarakat yang ingin memilih, maka kita akan menerbitkan surat langsung dari kepala Dinas yang menerangkan bahwa penduduk tersebut ada dalam database maka itu harus diterima, yang berbentuk surat keterangan perekaman yang sesuai dengan surat edaran dari mendagri yang tertanggal 3 november itu adalah acuan kita, ” Terang Heru.
 
“Selain itu terkait dengan masyarakat yang berada di wilayah perumahan elit bahwa ini juga merupakan tanggung jawab bersama, dan meraka juga harus tetap aktif untuk melakukan verifikasi biodata masing-masing apabila itu masuk dalam database kita sedangkan untuk menjangkau itu juga tidak bisa satu sama lain, maka sudah ditegaskan oleh KPU ini merupakan tanggung jawab bersama baik dari RT/RW, lurah, camatnya dan warga yang ada disekitar”.
 
Saat ini keterlibatan masyarakat untuk melakukan pengaktifan data kita juga meminta intinya dalam hal pemilihan gubernur ini masyarakat juga untuk aktif untuk melakukan pengecekan data dan kita juga siap untuk mensuport terhadap KPUD. Dan semua kewenangan bisa atau tidak memilih itu adalah KPUD Tangsel. Paparnya

Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Setiap Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) diantaranya:
 
Kecamatan Ciputat
TPS                 : 366
Laki-laki          : 67.175 jiwa
Perempuan        : 68.129 jiwa
 
Kecamatan Ciputat Timur
TPS                 : 273
Laki-laki          : 59.603 jiwa
Perempuan     : 60.962 jiwa
 
Kecamatan Pamulang : 
TPS                   : 559
Laki-laki            : 104.340 jiwa
Perempuan          : 105.086 jiwa
 
Kecamatan Pondok Aren : 
TPS                   : 517
Laki-laki            : 93.017 jiwa
Perempuan          : 94.225 jiwa
 
Kecamatan Serpong : 
TPS                   : 188
Laki-laki            : 47.634 jiwa
Perempuan          : 48.633 jiwa
 
Kecamatan Serpong Utara : 
TPS                   : 190
Laki-laki            : 39.060 jiwa
Perempuan          : 40.569 jiwa
 
Kecamatan Setu : 
TPS                   : 112
Laki-laki            : 26.619 jiwa
Perempuan          : 26.330 jiwa
 
Total keseluruhan Pemilih Tetap (DPT) Gubernur dan Wakil Gubernur Banten 2017 Se-Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Sebanyak 881.382 Pemilih dan 2.205 Tempat Pemungutan Suara (TPS). (Dede Richal)