Beranda Berita Photo Berjuang dengan Prestasi

Berjuang dengan Prestasi

BERBAGI
Sarah Anarahma

Prestasi tak mungkin digapai tanpa adanya perjuangan dan doa

Oleh : Sarah Anarahma Siswi SMK PUSTEK Serpong, Kota Tangerang Selatan

Beritatangsel.com – “Div, bangun yuk nak.. udah shubuh,kamu Sholat dlu ya” ucap ibuku. Saat ia membangunkanku,aku terbangun dengan wajah yang masih kusut sehabis bangun tidur. Aku melihat jam yang menunjukkan pukul 04:40 ,aku segera cuci muka . Saat itu aku masih terdiam,teringat mimpiku semalam…    Lamunanku terpecah ketika ibuku menyadari aku belum kunjung sholat shubuh. Aku pun bergegas untuk melaksanakan sholat shubuh.  15 menit berlalu…  setelah aku sholat, aku memutuskan untuk mandi pagi.

“Diva,kamu sudah pakai seragam sekolah belum?”ucap ibuku yang saat itu sedang menyiapkan sarapan pagi. “sudah ibuu..” jawabku singkat. “kamu sarapan dulu ya sayang. Sekarang sudah jam setengah tujuh loh.. emang kamu mau telat?”, “iya ibu..” jawabku masih dengan nada yang sama. ya ,memang saat ini aku masih teringat mimpiku yang semalam. Aku gak habis pikir ,kenapa aku bisa mimpi seperti itu.

Setelah aku sarapan dan pamit dengan ibu, ayah mengantarkanku sekolah bersama adikku ,Daris . Dia adalah anak kedua dari ayah dan ibuku, serta adik yang paling  aku sayang. Sekarang , dia berumur 8 tahun dan menduduki kelas 3 SD (Sekolah Dasar).  Waktu berjalan lambat, aku pun mulai bosan dengan keheningan yang terjadi. Ingatan tentang mimpiku pun terlintas, aku berusaha mencari makna dan maksud dari mimpi tersebut. Tepat saat aku menemukannya, adikku menyetel Radio .Jawaban dari mimpiku semalam akhirnya hilang, aku pun kesal kepadanya. Aku pun menahan kekesalan . Akhirnya, aku diam dan mencoba mendengarkan Radio. disaat sesi dialog antara Penyiar Radio tersebut, salah satu Penyiar menanyakan pada Penyiar yang lain. “menurut kalian,makna dari hari pahlawan ini apa ya?,”

Baca Juga :  Inilah Dapil Pemilu di Kota Tangsel

host tersebut pun menjawab, aku pun mendengerkan jawaban dari host tersebut. saat dia mulai menjawab, aku sudah sampai di depan sekolah. Ayah menyuruhku untuk cepat turun,sebab pintu gerbang akan segera di tutup. aku pun segera turun dan bergegas masuk kedalam sekolah. Aku berjalan menyusuri lorong kelasku ,tepat di depan pintu kelasku terpampang jelas Kelas VII C . Aku pun masuk kedalam kelas dan menaruh tasku di atas meja belajar. Agnia menghampiriku. Dia adalah teman sebangku sekaligus sahabatku dari SD sampai sekarang. Dia pun bertanya kepadaku,”div, kamu udah selesai ngerjain PR PKN belum?” tanya Agnia, “Pr? emangnya ada pr ya ?” jawabku, “Ada tau,kamu lupa ya?yang di suruh buat makna dari hari Pahlawan itu loh..” dia mencoba mengingatkanku, “Oh iya iya.. aku lupa, aduh gimana ya” aku mulai cemas. Jujur aku memang pelupa, kemarin saja aku lupa memakai seragam apa. Kemarin tepat hari rabu seharusnya aku memakai seragam pramuka, namun aku malah memakai seragam batik sekolah.

Beberapa lama kemudian, guru pelajaran PKN memasuki ruang kelasku. ketua kelas memimpin doa dan kami semua mengucapkan salam. “Waalaikum salam warohmatullah wabarokatu” jawab bu Indri, beliau merupakan guru pelajaran PKN. Ia memulai pelajaranannya….

“Apa kalian tau, sekarang hari apa? ya sekarang adalah hari Pahlawan Nasional. Tepat tanggal 10 November diperingati sebagai hari Pahlawan Nasional.. Oh iya ,pr kalian sudah selesai?,” tanya bu indri kepada kami semua, “hmm sudah bu” jawab agnia dan beberapa temenku, “okey, ibu panggil satu persatu ya untuk maju kedepan. Sesuai nomor absen ya” temen temanku mulai bergumam, “Oke  bu” jawab mereka serentak dengan sedikit takut.

Baca Juga :  Diduga Menyimpan Ganja, 4 Mahasiswa Ditangkap

Aku merasa seperti pernah mengalami ini. oke, aku mengalami Dejavu.. Aku pernah mengalami ini sebelumnya, dan aku pun teringat akan mimpiku semalam

……

“Okey,Abdul Ramadhan… sekarang kamu maju ya, jelaskan menurut kamu. hari pahlawan itu seperti apa..?” ucap bu Indri kepada Abdul. Abdul pun mulai menjelaskannya dengan bahasa yang santai namun sopan. Saat itu aku tidak begitu menyimaknya, aku masih memikirkan tentang mimpiku semalam. Akhirnya dia selesai menjelaskan dan mendapatkan tepuk tangan dari teman teman ku. Dua urutan lagi giliranku, sekarang giliran Abigail. Dia pun maju ,waktu berjalan begitu cepat. Tidak kerasa sekarang giliran Abizar..

“Abizar Athafariz, sekarang giliran kamu ya,” ucap bu indri. Abizar pun maju, dia mampu menjelaskannya seperti teman temanku sebelumnya..

” Aku harus tenang. ini seperti mimpiku semalam” ucapku dalam hati.

Akhirnya aku dapat menemukan maksud dari mimpku semalam, yaps.. semalam aku  mimpi seperti ini, persis seperti yang sekarang aku alami di dunia asli. Dimana di dalam mimpiku, aku diberi Pr oleh guru PKN. Dan akhirnya aku maju kedepan menjelaskan arti dari hari pahlawan itu seperti apa.

” Adiva hasna naila…” panggil bu Indri . Sekarang giliranku, aku harus tenang dan gak boleh gugup…

Aku melangkah kedepan, sekarang aku berada di hadapan semua teman temanku

…..

“hmmm, sekarang kan hari Pahlawan Nasional , di hari ini sebaiknya kita tidak hanya merayakannya saja. Tetapi merayakan sekaligus menghargai dan menghormati jasa pahlawan. Tidak harus mengangkat senjata untuk mempertahankan Negara indonesia, dengan cara kita melestarikan budaya Indonesia, melestarikan semangat pahlawan indonesia yang sekarang ada di dalam jiwa para pemuda Indonesia serta berjuang dengan prestasi ,juga sudah cukup untuk meneruskan perjuangan para pahlawan yang sudah gugur…” ucapku dengan sedikit takut

Baca Juga :  Ini Kata Kasat Pol PP Tangsel Soal Tata Cara Penertiban, Kepada Siswa PKL SMK Pustek Serpong

…..

Hening sesaat. Ibu Indri terdiam, dia pun bertanya kepadaku “Div, jawaban kamu tepat sekali. Bagaimana bisa kamu menjawab dengan singkat namun memiliki makna yang luas?,” “hmm tidak tau bu, saya hanya menjelaskan apa yang ada dipikiran saya bu,” jawabku…Teman temanku berdiri dan memberiku tepuk tangan… Aku merasa seperti mimpi ,bukan. Ini bukan mimpi tapi sebuah mimpi yang pernah aku rasakan tetapi aku rasakan kembali

Aku balik ketempat ku….

“Div… bukannya tadi kamu gak ngerjain Pr kamu ya? Tpi kok kamu bisa jawabnya?,” Tanya Agnia…”Gak tau juga deh , aku hanya menjelaskan apa yang ada dipikaranku saja,” jawabku.

….

Akhirnya aku balik kerumah, tepat pukul 12:00, ayah menjemputku…Aku berharap di hari pahlawan ini kita sebagai pemuda pemudi, menghargai dan menghormati jasa pahlawan, melestarikan budaya Indonesia, melestarikan semangat pahlawan indonesia serta berjuang dengan prestasi yang kita miliki. Dengan potensi yang kita miliki semoga dapat menjadikan Indonesia maju dengan semangat pahlawan masih ada sejak dulu.