Beranda Berita Photo Tingkatkan Peran Penting Orangtua dalam Dunia Pendidikan, SDN 03 Pondok Kacang Barat...

Tingkatkan Peran Penting Orangtua dalam Dunia Pendidikan, SDN 03 Pondok Kacang Barat Gelar Seminar

BERBAGI

Pondok Aren, Beritatangsel.com – Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan dan pentingnya peran serta Orangtua dalam dunia pendidikan, Sekolah Dasar (SD) Negeri 03 Pondok Kacang Barat, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) gelar Acara seminar di Aula SDN 03 Pondok Kacang Barat, Sabtu (5/11/2016).

Dengan mengusung tema ” Peran Serta Orangtua Dan Masyarakat Dalam Dunia Pendidikan “. Acara seminar tersbut, dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangsel Drs. H. Mathoda dan dihadiri oleh Kepala Sekolah SDN 03 Pondok Kacang Barat Narsum, S.Pd., Pemerhati Pendidikan Kota Tangerang Selatan Ir. H. Anwar Martadiharja yang tak lain Orangtua dari Walikota Tangsel sebagai Narasumber, Pengawas UPT Pondok Aren Hartono., Ketua Komite SDN 03 Pondok Kacang Barat Muhidin., Ketua Paguyuban Wali Murid SDN 03 Pondok Kacang Barat Rully., Dewan Guru dan Para Orang Tua Siswa – Siswi SDN 03 Pondok Kacang Barat.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangsel Drs. H. Mathoda, M.Si dalam sambutannya mengatakan, Dinas Pendidikan Kota Tangerang Selatan memberikan apresiasi dalam kegiatan seminar tentang peranan orangtua murid dalam dunia pendidikan yang diselenggarakan oleh SDN 03 Pondok Kacang Barat, karena dalam dunia pendidikan itu selain peranan guru dalam proses belajar mengajar di lingkungan sekolah, peranan orang tua juga sangat diharapkan sekali untuk di lingkungan rumah.

“Semoga dengan adanya seminar yang positif ini, perhatian orang tua terhadap anak – anaknya bisa lebih bertambah lagi, sehingga nantinya menghasilkan generasi penerus bangsa yang cerdas dan religious,” harapnya.

Sementara itu, Pemerhati Pendidikan Kota Tangerang Selatan, Ir .H. Anwar Martadiharja selaku Narasumber, dalam materinya mengatakan, bahwa latar belakang keluarga sangat besar pengaruhnya terhadap pembentukan karakter anak, karena karakter ini bisa dibentuk dari hasil belajar dan menyerap dari perilaku kita sebagai orang tua.

Baca Juga :  Turut Hadir di Milad PBB ke-7, Benyamin: Silaturahmi Harus Dijaga

“Peranan orang tua sangat besar pengaruhnya terhadap perkembangan anak, begitu juga seorang pemimpin harus menjadi panutan bawahannya, karena sistem budaya Indonesia adalah menganut orientasi vertikal yang artinya seorang anak akan meniru kelakuan orang tuanya, atau bawahan akan meniru kelakuan atasannya. Maka dari itu, jauhkanlah dilingkungan kita akan peribahasa yang mengatakan : guru kencing berdiri, murid kencing berlari,” paparnya.

Dirinya juga menambahkan, bahwa dalam mendidik anaknya, orang tua haruslah kompak keduanya, Ayahnya mengatakan ” TIDAK ” sang Ibu juga harus mengatakan ” TIDAK ” juga, jangan berlainan dalam memutuskan sesuatu kepada anaknya.

“Orangtua harus mendidik buah hatinya dengan sebaik – baiknya, walaupun sesibuk apapun aktivitas orang tua dalam mencari nafkah, agar menyempatkan waktunya setiap harinya untuk berkomunikasi dan memberikan perhatian dengan buah hatinya ” where there is a will, there is away ( Dimana ada kemauan, pati ada jalan),” imbuhnya.

Foto Bersama
Foto Bersama

Masih di lokasi yang sama, Kepala Sekolah SDN 03 Pondok Kacang Narsum, S.Pd mengatakan, dalam seminar tersebut bertujuan agar Orangtua dan masyarakat mengetahui bahwa pendidikan terhadap anak bukan hanya tanggung jawab Guru dan Pemerintah. Melainkan tanggung jawab Orangtua dan juga masyarakat.

“Orangtua dan Masyarakat juga punya tanggung jawab, baik itu dari sisi pendidikannya maupun dari segi pembiayaannya, bahkan peranan Orangtua sangat besar dibandingkan dengan Pemerintah atau Sekolah,” ucapnya.

Dirinya juga menjelaskan, akibat kesibukan Orangtua banyak yang terlalu sibuk dengan pekerjaannya maka sangat jarang Orangtua memeberikan perhatiannya kepada anak-anaknya karena sudah merasa dititipkan di Sekolah.

“Maka dengan adanya seminar ini, kami berharap Orangtua mulai bisa lebih memperhatikan anak-anaknya kalu di rumah, sedangkang kalau di sekolah adalah tanggung jawab pemerintah dan sekolah sebab kami sifatnya membantu sedangkan peranan besar adanya pada Orangtua terutama Ibunya sebab waktu di rumah dibandingkan di Sekolah,” pungkasnya. (Tra)