Beranda Berita Photo Bea Cukai Bandara Soeta Gagalkan Penyelundupan Sabu Cair ke Indonesia

Bea Cukai Bandara Soeta Gagalkan Penyelundupan Sabu Cair ke Indonesia

BERBAGI
Sabu Cair Dalam Botol Kemasan

Kota Tangerang, Beritatangsel.com – Sabu seberat 22,12 Kg dalam bentuk cair yang diselundupkan dengan dikemas ke dalam botol air mineral, diamankan petugas Bea Cukai, bekerja sama dengan Polres Bandara Soekarno-Hatta.

Kepala Kantor Bea Cukai Soekarno – Hatta, Erwin Situmorang, mengatakan penyelundupan sabu cair yang dilakukan bandar narkoba ke Indonesia dapat dikategorikan sebagai motif baru.

“Iya, biasanya pelaku melakukan penyelundupan sabu yang sudah siap pakai. Tetapi kali ini dalam bentuk cair sehingga bisa dikatakan motif baru,” kata Erwin Situmorang di Kantor Bea Cukai Soekarno – Hatta, Senin (31/10/2016)

Ia menjelaskan sabu cair berwarna biru yang diselundupkan pelaku sangat sama persis dengan air minum biasa sehingga tak bisa dideteksi secara biasa.

Maka itu, perlu dilakukan pemeriksaan lebih teliti yakni seperti profile penumpang serta menggunakan sinar x-ray.

“Kita sangat perlu melakukan peningkatan kerja sama dengan kepolisian dari negara lain untuk mengetahui profile penumpang yang dicurigai. Sehingga bisa sangat cepat untuk ditangani ketika tiba di Indonesia,” ujarnya.

Begitu juga dengan petugas di lapangan yang harus bisa mengetahui kondisi sabu cair yang bisa saja diselundupkan dengan berbagai cara.

“Kalau secara sekilas dilihat, seperti cairan biasa karena dikemas dalam botol minuman ringan. tetapi ternyata isinya adalah sabu cair,” paparnya.

Wakapolres Bandara Soekarno – Hatta AKBP Risnanto mengatakan jika pihaknya akan membantu petugas dalam pengawasan. Ia juga melibatkan masyarakat agar bisa melapor jika memang ada kegiatan transaksi narkoba.

“Ini diduga dilakukan jaringan internasional. Karena sering ketahuan, jadi mengubah modus dengan sabu cair. Nantinya sabu ini dipanaskan agar berubah menjadi serbuk, untuk kemudian dijual,” ujarnya.

Dari hasil pengungkapan yang dilakukan, Bea Cukai Soekarno – Hatta menyita 22.120 gram sabu cair yang dibawa penumpang dari Malaysia dan Hongkong. (Mhd)

Baca Juga :  LSM Sorod, Tuntut Kepala Kesbangpol 2015, di Audit KPK