Beranda Berita Photo Ini 9 Penyakit Yang Rentan Menyerang Orang Bertubuh Gemuk

Ini 9 Penyakit Yang Rentan Menyerang Orang Bertubuh Gemuk

BERBAGI

Beritatangsel.com – Orang bertubuh gemuk harus siap dengan berbagai penyakit yang rentan menyerang tubuhnya. Serangan jantung, tekanan darah tinggi, dan sesak napas adalah beberapa efek samping dari kelebihan berat badan. Selain itu, ada beberapa efek samping aneh yang juga dialami orang-orang berbadan gemuk.

Masalah orang gemuk tidak hanya berakhir dengan penampilan fisik, namun dampak kesehatan obesitas sebenarnya lebih menakutkan. Efek samping dari kelebihan berat badan meluas ke hampir setiap aspek kehidupan seseorang, mulai dari masalah napas hingga masalah kesehatan tidur.

1. Sleep apnea
Sleep apnea adalah suatu kondisi di mana bagian hidung tersumbat saat tidur. Ini adalah kondisi yang tidak memungkinkan Anda untuk tidur nyenyak, dan sangat umum di kalangan orang gemuk.

2. Mendengkur
Sleep apnea juga menyebabkan penderitanya mendengkur dengan suara keras, karena terblokirnya bagian hidung. Kondisi ini juga banyak terjadi pada orang yang kelebihan berat badan.

3. Penuaan dini
Penelitian menunjukkan bahwa obesitas dapat membuat proses penuaan terjadi lebih cepat dibandingkan efek merokok. Sama halnya dengan merokok, obesitas dapat kerusakan oksidatif pada jaringan adiposa tubuh.

4. Katarak
Katarak juga umum terjadi pada orang-orang tertubuh gemuk. Kondisi ini terjadi karena kelebihan berat badan dapat mengurangi tingkat antioksidan dalam darah.

5. Masalah pencernaan
Ketika Anda kelebihan berat badan, keseimbangan bakteri baik di dalam perut akan terjadi, sehingga dapat menyebabkan keasaman kronis dan gangguan pencernaan.

6. Hernia
Setelah operasi, orang-orang bertubuh gemuk selalu memiliki risiko lebih besar terkena hernia atau massa daging ekstra yang menonjol dari luka bedah. Hal ini karena beberapa lapisan lemak membutuhkan banyak waktu untuk sembuh.

7. Kurangnya imunitas
Orang yang kelebihan berat badan menunjukkan tanda-tanda kekebalan yang lemah dalam tubuh. Alasan untuk ini belum diketahui, namun para ahli medis berpikir bahwa sistem kekebalan yang melemah bisa terjadi karena adanya kerusakan pada jaringan adiposa tubuh. 

Baca Juga :  Tarif Parkir Di Tangerang Tidak Sesuai Dengan Perda Nomor 3/2014

8. Asma
Kelebihan berat badan selalu memperburuk asma Anda. Namun, orang obesitas juga menderita sesak napas yang bisa menjadi asma kronis.

9. Disfungsi ereksi
Obesitas meningkatkan kesempatan Anda menderita diabetes, memiliki kolesterol darah tinggi dan pembesaran kelenjar prostat. Semua gejala ini pada gilirannya membuat Anda rentan terhadap disfungsi ereksi. (*)

Sumber : health.detik.com