Beranda Berita Photo Adiwiyata Nasional, SDN 03 Pondok Kacang Barat Dikunjungi Tim Verifikasi KLHK RI...

Adiwiyata Nasional, SDN 03 Pondok Kacang Barat Dikunjungi Tim Verifikasi KLHK RI dan BLHD

BERBAGI

Pondok Aren, Beritatangsel.com – Lebih dari 700 sekolah se-Indonesia ikut dalam program Adiwiyata tingkat Nasional yang digagas oleh Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) RI sejak 10 tahun silam, bertujuan untuk mengajak masyarakt dan menanamkan tingkat kesadaran terhadap lingkungan pada usia dini.

Sekolah Dasar (SD) Negeri 03 Pondok Kacang Barat, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Sekatan (Tangsel) salah satu peserta yang mengikuti program Adiwiyata tingkat Nasional, pada Jumat (21/10/2016) mendapat kunjungan tim penilai dari KLH dan kehutanan RI Bidang Pendidikan Lingkungan Hudup Johny Kusumo, Suryadi dan Kabid Infornasi Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Kota Tangsel Irma Safitri juga pelaksana BLHD Kota Tangsel Ari Wibowo.

KLHK RI Bidang Pendidikan Lingkungan Hidup Johny Kusumo mengatakan, kreteria penilaian dibagi menjadi empat katagori, yaitu kebijakan berwawasan lingkungan sekolah, kurikilum berbasis parsitivatif, kegiatan parsitivatif dari masayarakat lingkungan sekolah dan sarana prasaran lingkungan sekolah.img_20161021_153242

“Dimana kerteria – kerteria itu, kita akan mendorong bagai mana peran partisipasi warga sekolah khsusnya peserta didik,” ucapnya di ruang perpustakaan SDN 03 Pondok Kacang Barat.

Dirinya juga menjelaskan, meski tujuannya untuk para peserta didik sekolah peran penting warga sekolah juga sangat dibutuhkan dalam menjaga kebersihan lingkungan sekolah.

“Seperti petugas kebersihan sekolah, OB dan para pedagang supaya bisa berpartisipasi membantu proses belajar mengajar sebab pendidikan didapat bukan hanya di kelas pendidikan juga bisa didapat didalam lingkungan sekolah,” jelasnya.

Sementara itu, Kabid Informasi BLHD Kota Tangsel Irma Safitri mengatakan, ada empat sekolah di Kota Tangsel yang mengikut program Adiwiyata tingkat Nasional dan nantinya akan dilakukan verifikasi.img_20161021_154208

“Sebenarnya ada 6 namun yang 2 tidak memenuhi sahrat sleksi awal maka kita menyarankan untuk melengkapi dokumen – dokumen agar tahun depan bisa diikuti, kini 4 sekolah yang memenuhi sarat, antara lain SDN 03 Pondok Kacang Barat, SDI Amalinah, SMP Alfat dan SMA Insan Cendkia Madani,” paparnya.

Baca Juga :  Bersama Menhub dan Menteri BUMN, Wali Kota Tangsel Resmikan Wajah Baru Stasiun Pondok Ranji

Dirinya juga mengungkapkan, peogram Adiwiyata ini bukan sekedar lomba melainkan untuk nenanamkan sifat tangung jawab kepada peserta didik terhadap lingkungan sekolah.

“Semoga dari empat sekolah ini bisa dapat lolos dari setiap verifikasi – verifikasi dan sesuai dengan dokumen yang sudah diserahkan,” harapnya.

Masih di lokasi yang sama, Kepala Sekolah SD Negeri 03 Pondok Kacang Barat Narsum S.Pd menjelaskan, pihaknya mengikuti program Adiwiyata bukan untuk mengharapkan piala atau penghargaan atau sebagainya.img_20161021_153308

“Kami mengikuti Adiwiyata bukan berharap untuk mendaparkan penghargaan tapi kami lebih mengambil sisi positif dari program Adiwiyata tersebut yang mana bisa meningkatkan dan menanamkan kepada peserta didik tentang kesadaran pada lingkungan bersih di sekolah,” paparnya.

Dirinya juga mengatakan, membentuk karakter peserta didik itu tidak mudah dan tidak semudah membalikan telapak tangan juga membutuhkan proses yang panjang.

“Apa yang kami tanamkan kepada siswa, apa yang kami ajarkan agar dilaksanakan disetiap hari dimana pun mereka berada mau itu di sekolah atau di lingkungan masyarakat,” harapnya. (Putra)