Beranda Berita Photo Dinsosnakertrans Beri Penghargaan Kepada Puluhan Perusahaan Nihil Kecelakaan

Dinsosnakertrans Beri Penghargaan Kepada Puluhan Perusahaan Nihil Kecelakaan

BERBAGI

Serpong Utara, Beritatangsel.com – Dinas Sosial Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kota Tangerang Selatan, pada 29 September 2016 lalu  kembali memberikan penghargaan kepada puluhan perusahaan di wilayah sekitar. Puluhan industri ini dinilai telah berhasil dan meraih penghargaan nihil kecelakaan kerja atau zero accident.

Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) adalah bidang yang terkait dengan keselamatan dan kesejahteraan karyawannya pada suatu perusahaan. Tujuan K3 adalah untuk memelihara kesehatan dan keselamatan kerja. K3 juga melindungan rekan kerja, keluarga pekerja, konsumen yang mungkin mempengaruhi kondisi lingkungan kerja.

Kepala Dinsosnakertrans Kota Tangerang Selatan, Purnama Wijaya mengatakan, kegiatan pemberian penghargaan tersebut adalah kegiatan rutin sejak tiga tahun terakhir. Pemerintah daerah terus berupaya menekan dan mengurangi angka kecelakaan kerja.

“Ini sebagai bentuk apresiasi kepada perusahaan yang telah berbuat untuk keselamatan pekerjanya agar menjadi contoh untuk perusahaan lainnya karena apabila nanti ditemukan kasus maka akan dicabut penghargaannya,” kata Purnama di Aula Omni Hospital, Alam Sutera.

Menurutnya berdasarkan data BPJS Ketenagakerjaan untuk tahun 2015 terdapat 345 angka kasus dengan 16 orang meninggal dunia, sebanyak 3 orang meninggal di lokasi kerja.

Jumlah tersebut diklaim masih sedikit dibanding jumlah perusahaan di Tangsel yang mencapai 2700.Untuk tahun ini pihaknya belum nmenerima data karena akan terlihat pada akhir tahun.

“Masih kecil,kami terus sosialisasikan agar setiap perusahaan menjalankan aturan K3, dan memiliki ahli K3 minimal tiga orang, Kami juga terus mengawasi perusahaan untuk patuh terhadap K3,”ujarnya.

Dijelaskannya,  kecelakaan kerja terkait kepada dua faktor yaitu sikap diri dan lingkungannya. Kecelakaan yang terjadi didominasi oleh kecelakaan lalu lintas. Pasalnya meskipun pulang kerja lalu kecelakaan, dianggap sebagai kecelakaan kerja. “Kami himbau pekerja dan perusahaan memahami pentingnya kesleamatan kerja,” ujarnya.

Baca Juga :  Miris! Seorang Siswa SMK di Serpong Berkata Kasar kepada Guru

Sementara, Walikota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany dalam sambutannya meminta kepada industri yang telah berhasil menerapkan zero accident‎ untuk bisa dipertahankan. Juga disampaikan apresiasi karena pada tahun ini jumlah perusahaan yang menerima piaga penghargaan dapat bertambah dari sebelumnya.

“saya percaya dan yakin, kita mencari rejeki yang berkah dan selamat. Pada saat pulang ke rumah dapat berkumpul dengan keluarga dan sanak famili di rumah,” ungkapnya.

Sambung Airin,Salah satu perusahaan PT. Tesco Indonesia penerima penghargaan yang diwakili oleh OHSE Manager Donny Axner mengatakan perusahaannya telah menerapkan keselamatan kerja dengan ketat untuk melindungi pekerjanya dari kecelakaan. Selain telah memiliki tenaga ahli K3 pihaknya juga telah memiliki sertifikasi keselamatan dari konsultan terpercaya.

“Bukti kami adalah tidak adanya klaim oleh karyawan kami karena kecelakaan di BPJS, Ini sudah berjalan selama tiga tahun sebelumnya,” pungkasnya.

Sumber : Humas Pemkot Tangsel