Beranda Berita Photo Bahaya Kantong Kresek untuk Wadah Makanan

Bahaya Kantong Kresek untuk Wadah Makanan

BERBAGI
Di dalam kantong kresek terdapat bahan atau zat kimia yang berbahaya jika tercampur atau menempel pada makanan. Pada makanan dan minuman yang masih panas atau hangat mudah sekali kandungan zat dalam plastik berpindah pada makanan dan minuman tersebut.
 
Kantong kresek adalah plastik dari bahan daur ulang yang tidak diketahui asal muasal bahannya. Biasanya para produsen plastik tidak peduli dengan bahan yang digunakan. Asal bisa dibuat menjadi plastik selesailah urusan. Bahan yang ada di dalamnya sangat beresiko. Kehigienisannya juga diragukan.
 
Jika bahan dari kantong kresek tercampur dengan makanan dan dikonsumsi maka resiko kesehatan seperti terkontaminasi zat-zat kimia yang berbahaya, memicu penyakit kanker, gangguan ginjal, gangguan sistem syaraf, gangguan sistem endokrin, pembengkakan liver, hepatitis, dan penyakit-penyakit lainnya akan menghinggapi tubuh. Bahaya kesehatannya sangat mematikan dalam jangka panjang.
 
Kandungan bahan zat adiktif, dioksidan, dan zat beracun dalam kantong kresek bisa merusak sistem dan organ tubuh jika terjadi penumpukan atau akumulasi zat tersebut. Zat-zat tersebut juga bisa memicu munculnya sel-sel kanker dan penyakit lainnya. Jika plastik kresek tersebut dibakar dan terhirup maka akan menyebabkan gangguna pernafasan dan gangguna penyakit. Bahkan bisa menurunkan sistem imunitas (kekebalan tubuh).
 
Pemerintah sebenarnya telah melarang penggunaan kantong kresek untuk wadah atau pembungkus makanan. Bagi lingkungan pun kantong kresek dikenal tidak ramah karena sulit terurai oleh unsur tanah. Sering disaksikan sampah-sampah plastik (kantong kresek hitam) yang bertebaran di tempat sampah atau tanah yang masih utuh meskipun sobek. Plastik juga tidak tahan terhadap suhu panas.
Baca Juga :  Budiman Naqi, Butuh Bantuan Empat Tahun Menderita Usus Buntu