Beranda Berita Photo Hari Jadi Pramuka ke 55, Walikota Tangsel Beri Penghargaan Kepada Pengerak Pramuka...

Hari Jadi Pramuka ke 55, Walikota Tangsel Beri Penghargaan Kepada Pengerak Pramuka dan Buka Acara Kemping di Puspitek

BERBAGI
Saat menyayikan Indonesia Raya (Foto : Putra)

Setu, Beritatangsel.com – Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) Hj. Airin Rachmi Diany yang juga selaku Ketua Majelis Pembina Pengerak Pramuka Kota Tangsel hadiri hari jadi Pramuka ke 55 sekaligus membuka acara kemping dan juga memberi penghargaan kepada bebrapa orang pengerak Paskibra Tangsel di lapangan Wisma Puspitek Serpong, Kecamatan Setu, Tangerang Selatan yang diselengarakan oleh Kwartir Cabang (Kuarcab) Tangsel dengan tema ‘ Membangun karakter Pemuda Dengan Hal Yang Keren ‘, Rabu (31/8/2016).

Hadir pula dalam acara hari jadi Pramuka Anjun Komisaris Besar Polisi Ayi Supardan selaku Pembina Saka Bayangkara, Danramil 04 Serpong Mayor Arh Mulyadi didampingi Wadanyon Arahanduri 1 Kostrad Mayor Drian Prianbodo Perwakilan Kodim 0506 selaku Pembina Saka Wira Kartika, para kepala SKPD di lingkup Pemerintah Kota Tangerang Selatan serta para Camat se Kota Tangerang Selatan.

Hj. Airin Rachmi Diany selaku Inspektur upacara dalam sambutannya mengatakan, Pramuka atau kepanduan memiliki sejarah yang panjang di Indonesia tahun 1912 ketika Indonesia masih dibawah kedudukan Belanda atau bernama Hindia Belanda istilah kepanduan yang awalnya dikenalkan oleh KH. Agus Salim, dibuktikan dengan terbentuknya persatuan antar Pandu-Pandu Indonesia yang bertujuan mempersatukan Pengurus-pengurus besar berbagai organisasi kepanduan yang ada setelah Indonesia merdeka, semangat untuk bersatu dari organisasi-organisasi kepanduan sangat besar oleh karena itu, dalam Kongres kesatuan kepanduan Indonesia pada tanggal 27 sampai dengan 29 Desember 1945 melahirkan janji ikatan Sakti menyepakati meleburnya beragam Organisasi yang lama setelah melewati banyak proses.

“Namun, pada 9 Maret 1961 di Istana Merdeka Jakarta Presiden Soekarno menyatakan membubarkan semua organisasi kepanduan untuk dilebur menjadi organisasi baru yang diberi nama Pramuka puncaknya pada tanggal 14 Agustus 1961 di depan Istana Negara Presiden Soekarno secara resmi memperkenalkan gerakan Pramuka kepada masyarakat Indonesia,” paparnya.

Airin juga menjelaskan,  Presiden Soekarno memilih Sri Sultan Hamekubuwon 9 sebagai Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka pertama dan saat itu semua anggota gerakan Pramuka yang hadir bertekad tetap bersatu dan tidak mau terpecah belah lagi dalam banyak organisasi seperti sebelumnya.

“Kakak peserta upacara dan hadirin yang saya banggakan bahwa sejarah panjang gerakan Pramuka selalu dijiwai, oleh karena itu saya mengkaji pembinaan generasi muda agar memiliki perhatian untuk meletakkan landasan kepada anggota Pramuka untuk lebih mengenal, memahami dan mencintai Pramuka,” katanya.

Dikatakannya lagi, antusias masyarakat sangat besar kepada gerakan Pramuka oleh karena itu pihaknya akan membuat kantor Sekretariat untuk Kwartir cabang danitu terbuka untuk umum tidak hanya milik Pramuka saja.

“Insya Allah di 2017 kita bangun sekertariat dan kita juga akan membangun camping ground sesuai dengan janji saya pada saat itu DPRD dan juga tim anggaran bahkan di tahun 2017, saya sudah mengusulkan untuk persis disebelahnya dari 10 hektar kawasan dan tandon kita akan jadikan kawasan pertanian terpadu jadi mudah-mudahan ini bisa menjadi tempat buat adek-adek kita buat anak-anak kita gerakan Pramuka mengembangkan hobi bakat dan keinginannya dan melatih sesuai dengan Dasa Darma Pramuka,” ungkapnya.

Lebih jauh Airin mengatakan, Pramuka Kota Tangerang Selatan siap berkiprah di tingkat internasional dan sukses kepada seluruh anggota gerakan Pramuka Kota Tangerang Selatan yang sudah berprestasi di tingkat provinsi nasional dan internasional yang sudah mengharumkan nama baik kota yang kita cintai yaitu Kota Tangerang Selatan.

“Kepada pimpinan dan anggota DPRD serta para kepala SKPD forum koordinasi pimpinan kota dan seluruh jajaran marih bersama-sama membangun dan mendukung gerakan Pramuka di Kota Tangerang Selatan,” harapnya.

Di akhir sambutannya Airin, Selamat Hari Pramuka yang ke 55 tahun 2016, kepada kakak yang pada acar itu dianugerahi penghargaan gerakan Pramuka, terima kasih atas pengabdian kakak-kakak selama ini pada gerakan Pramuka khususnya di Kota Tangerang Selatan terus mengabdi melalui gerakan Pramuka jadikan penghargaan ini penambah semangat untuk terus bekerja berkarya nyata.

Sementara, Kawarcab gerakan Pramuka Tangsel Drs. H. A Hadi mengatakan, acara ini berbeda dengan tahun sebelumnya, tempatnya juga selalu berpindah-pindah sesuai dengan kesepakatan bersama kali ini diadakan di puspitek.

“Dengn adanya acara hari jadi Prumka ke 55 di Tangerang Selatan, Pramuka bisa lebih meningkat dan menjadi generasi  yang dapat membangun bangsa dan Negara,” harap Hadi. (Putra)

Baca Juga :  Tsunami Dahsyat di Mediterania