Beranda Berita Photo Ini, Bebrapa RS di Tangsel Diduga Gunakan Vaksin Palsu

Ini, Bebrapa RS di Tangsel Diduga Gunakan Vaksin Palsu

BERBAGI
Vaksin Palsu

Banten, Beritatangsel.com – Sejumlah rumah sakit (RS) di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) diduga turut menggunakan vaksin palsu. Hal itu diketahui saat Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Banten melakukan inspeksi ke beberapa RS di wilayah tersebut beberapa waktu lalu.

Inspeksi yang dilakukan BPOM, Dinas Kesehatan, serta Polda Banten itu menemukan sejumlah serum vaksin yang menggunakan botol kemasan di luar dari distributor resmi pemerintah alias ilegal.

Humas BPOM Provinsi Banten, Sinta mengatakan, dari hasil penelusuran itu didapati sejumlah RS memasok vaksin ilegal atau yang tidak tergabung dalam Perusahaan Besar Farmasi (PBF), sehingga hal tersebut membuka peluang bagi penggunaan vaksin palsu.

“Ya benar. Vaksinnya ilegal, semua (botol vaksin) sudah diamankan oleh BPOM provinsi. Rumah sakit tersebut juga kami panggil untuk dimintai keterangan,” kata Sinta, Kamis (21/7/2016).

Beberapa RS yang menggunakan vaksin ilegal itu antara lain RSIA Buah Hati Pamulang, RS Bhineka Bakti Husada Pondok Cabe, RSIA Dhia Ciputat, dan RSB Permata Sarana Husada Pamulang.

Sinta mengungkapkan, bahwa saat ini semua vaksin ilegal itu tengah diuji laboratorium dan hasilnya akan diumumkan beberapa hari ke depan. “Semua vaksin ilegal itu masih proses uji lab,” sambungnya.

Hal berbeda justru disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangsel, Suharno, bahwa pengecekan ke seluruh fasilitas pelayanan kesehatan (Fasyankes), dan hasilnya semua menggunakan vaksin resmi dari pemerintah.

“Kita sudah cek ke 26 Puskesmas, 24 rumah sakit swasta, RSUD, 19 klinik swasta, serta 130 bidan. Hasilnya negatif, tak ada vaksin palsu,” ujarnya. (Putra)

Baca Juga :  Polsek Serpong Berhasil Menangkap Satu Pelaku Pencurian Di Bocah Girang School, Dua Orang Masih DPO