Beranda Berita Photo Warga Kampung Poncol Meriahkan malam Takbiran Dengan Pawai Obor

Warga Kampung Poncol Meriahkan malam Takbiran Dengan Pawai Obor

BERBAGI
Warga Kp. Poncol Ramaikan Malam Takbiran Dengan Pawai Obor

Kota Tangerang, Beritatangsel.com – Menyambut hari raya Idul Fitri, bermacam ekspresi dan tradisi kebudayaan mulai ramai digelar masyarakat tanah air. Beragam cara dan bentuk dilakukan masyarakat untuk menyambut datangnya hari kemenangan. Hal ini tak lain dan tak bukan untuk menyatakan rasa syukur dan mempererat tali silaturahmi antara kaum muslimin.

Dalam rangka memeriahankan malam takbir, ada tradisi menarik yang dilakukan masyarakat tanah air khususnya warga Kampung Poncol, Kelurahan Pedurenan, Kecamatan Karang Tengah, kota Tangerang, Banten. Melakukan pawai obor.

Pawai Obor merupakan teradisi yang sering dilakukan masyarakat dikala menyabut untuk memperingati hari besar Islam. Tak hanya memriahkan malam takbiran, perayaan tahun baru Islam juga kerap ada pawai obor.

Seperti dipantau Beritatangsel.com, pawai obor digelar pada malam hari menjelang Idul Fitri. Dengan membawa obor yang terbuat dari bambu, ratusan warga yang terdiri dari anak-anak hingga orang dewasa berseragam muslim akan melakukan pawai keliling kampung. Sambil berjalan, rombongan pawai bersalawat yang diiringi alat musik semisal gendang atau rabana.

Selain itu, melalui pengeras suara, pemuka agama yang ikut rombongan akan mengingatkan masyarakat sekitar untuk bersiap-siap menyambut hari raya Idul fitri.

Tradisi yang sudah turun-temurun ini, ternyata tidak hanya digelar di kampong Poncol saja, di beberapa Kampung lainnya kerap menggelar acara yang sama untuk menyambut hari besar Islam. Tujuannya adalah mempererat silaturahmi antara umat muslim. (Putra)

Baca Juga :  Wahh!! Ternyata Ada Peraup Keuntungan Dibalik Kericuhan Antara Supir Angkot Dan Ojek Online Di Tangerang!