Beranda Berita Photo Cara Mengatasi Lemas Ketika Berpuasa

Cara Mengatasi Lemas Ketika Berpuasa

BERBAGI
Ilustrasi Net

Beritatangsel.com – Bagi berjuta-juta umat muslim di dunia, bulan suci Ramadhan merupakan waktu untuk berpuasa. Berpuasa berlangsung dari subuh hingga mahgrib, yang menyangkut berpuasa dari makanan dan minuman. Terkadang berpuasa dapat menimbulkan beberapa keluhan.

Orang-orang yang berpuasa dapat mengalami keluhan seperti nyeri kepala, lemas, hingga dehidrasi di siang hari dimana hal-hal ini terkadang dapat menggangu kerja.

Beberapa penyebab dari kelelahan saat berpuasa adalah kurangnya asupan makanan selama puasa, kurangnya cairan, hingga kurang tidur. Sebuah studi yang dilakukan di Morocco tahun 2001 menunjukkan bahwa pada orang-orang yang puasa dapat muncul gangguan tidur berupa pemendekan dari fase tidur dalam dimana fase ini merupakan waktu yang dibutuhkan tubuh untuk memperbaharui tubuh keesokannya. Hal-hal tersebut merupakan penyebab dari lemas ketika puasa.

Halaman berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk melawan lemas ketika puasa:

Cara Mengatasi Lemas Ketika Puasa

Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk melawan lemas ketika puasa:

Cukupilah waktu tidur Anda

Terlalu banyak tidur dan terlalu sedikit tidur dapat menimbulkan rasa lelah. Tidurlah selama 7-8 jam dalam sehari. Disarankan agar Anda dapat langsung tidur setelah Taraweeh agar dapat segar bangun saat sahur. Lebih baik lagi apabila Anda bisa tidur sebentar di siang hari.

Pilhlah air putih dibandingkan kafein

Kafein berperan sebagai diuretik dimana saat mengkonsumsi kopi dapat menyebabkan Anda kekurangan cairan dan bisa menimbulkan dehidrasi. Jadi selama puasa hindari konsumsi kopi atau minuman bersoda dan perbanyak konsumsi air putih saat berbuka puasa hingga sahur.

Makanan yang Anda konsumsi selama puasa harus terdapat:

Sayuran dan buah, Kentang atau roti, Daging / ikan / ayam, Susu dan produk susu serta makanan yang mengandung lemak dan karbohidrat.

Baca Juga :  Kunjungan Wisata, Pimpinan Redaksi Updatetodaynews Sekaligus Ketua FWJI Jakbar ke Beberapa Destinasi di Jawa Tengah

Pastkan sumber karbohidrat yang Anda pilih adalah jenis karbohidrat kompleks, bukan karbohidrat sederhana. Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti: Jelai (barley, sejenis sereal), gandum, nasi basmati

Ketiga menu diatas merupakan jenis makanan yang dapat mengeluarkan energi secara perlahan sehingga dapat mencegah rasa lemas ketika puasa. Makanan berserat seperti sayuran hijau dan hampir seluruh jenis buah juga lama untuk dicerna yang dapat menahan rasa lemas Anda selama Anda berpuasa. Hindari makanan yang diproses seperti kue, biscuit, dan coklat. Hindari juga konsumsi minuman seperti kopi dan minuman bersoda.

Tetaplah Bekerja

Selama Anda berpuasa tetap lakukan kesibukan. Lakukan kesibukan seperti bekerja atau menghabiskan waktu bersama keluarga untuk melupakan kelaparan dan lelah.