Beranda Berita Photo Dinkes: Waspadai DBD di Musim Hujan

Dinkes: Waspadai DBD di Musim Hujan

BERBAGI

Serpong, Beritatangsel.com – Memasuki musim hujan seperti sekarang ini, sebaiknya masyarakat harus mewaspadai penyakit demam berdarah dengue (DBD) dengan menjaga kebersihan lingkungan merupakan kunci menghindari penyakit ini.

Hal itu dikatakan Kasie Pengendalian Penyakit Menular dan PTM, dr. M. Alwan kepada Beritatangsel.com saat ditemui diruang kerjanya. Selasa (9/1/2016) kemarin.

“Pengendalian jentik nyamuk mudah yakni dengan tidak membiarkan adanya genangan air seperti di talang air, ban bekas, kaleng, pot bunga sebab itu bisa menjadi tempat yang baik untuk perkembanganbiakan jentik nyamuk,” tuturnya.

“Dengan menyimpan jentik itu menyimpan penyakit yang mematikan selain DBD yaitu chikungunya dan zika,” tambahnya menjelaskan.

Diakuinya, Dinkes Tangsel belum memiliki perangkat yang baik untuk pengendalian penyakit menular salah satunya seperti DBD.

“Kedepan Dinkes Tangsel berharap ada regulator yang mengatur bahwa masyarakat yang ada jentik nyamuk di rumahnya dapat ditegur dalam bentuk legal support yang dikeluarkan oleh RT/RW, Kelurahan dan Kecamatan,” harapnya.

Maka dari itu, Dinkes menghimbau kepada masyarakat melakukan pengawasan di lingkungannya yaitu menjadi Jumantik (Juru Pemantau Jentik) untuk rumahnya sendiri.

“Satu jumantik untuk satu rumah, dengan mengawasi air yang tidak kontak dengan tanah.  Harus di cek, kalau ada jentik nyamuk segera ditutup, dikubur, dikuras serta memberikan serbuk abate untuk tempat yang tidak terjangkau,” pungkasnya. (Sutrisno)

Baca Juga :  Kominfo Turuti Warga Matikan Internet di Wilayah Banten