Beranda Berita Photo Ketua Umum Akumindo Rangkul Petani Tangsel

Ketua Umum Akumindo Rangkul Petani Tangsel

BERBAGI

Pamulang, Beritatangsel.com – Ketua Akumindo (Asosiasi UMKM Indonesia), M. Iksan Ingrabutun mengunjungi 64 kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan) binaan Dewan Tani Indonesia DPD Kota Tangsel di Pamulang, Sabtu (30/1/2016).

Dari ketiga titik yang sempat dikunjungi salah satunya bertempat di Jalan Abiasa Tangerang Selatan, dengan luas lahan tidur yang mencapai 2 hektar.

Menurut Ikhsan, sebenarnya lahan di tangerang selatan merupakan lahan yang sangat berpotensi bila dimanfaatkan, jangan melihat dari besar kecilnya lahan tetapi lihat apa yang bisa dihasilkan dari lahan tersebut.

“Tangerang Selatan ini banyak sekali tempat-tempat yang digarap, contoh saja lahan yang kita kunjungi saat ini meski terlihat tak terawat namun menurut saya ini adalah emas untuk kita,” katanya kepada Beritatangsel.com

“Sebenarnya Tangerang Selatan ini masih banyak lahan-lahan yang produktif untuk difungsikan dan sangat menjanjikan. Kami akan gelontorkan modal melalui manageman koperasi,” ucapnya menambahkan.

Sementara itu Eddy Suganda (Pembina Dewan Tani Indonesia Tangerang Selatan)berterimakasih atas kesempatan yang di amanahkan kepadanya.

“kami ini petani mandiri, tanpa bantuanpun kami tetap berjalan, apalagi dapat bantuan, mungkin kami bisa lari-lari dibantu oleh Dewan Tani, Dinas Petanian dan Pokdakan yang tumbuh di kota Tangerang Selatan, untuk berkomitmen mengelola lahan yang diberikan mandat untuk peningkatan taraf hidup masyarakat,” kata Eddy.

Hal senada juga dikatakan oleh Ketua DPD Dewan Tani Indonesia Tangerang Selatan. Tubagus Ardiansyah.

“Mereka layak mendapatkan kesempatan dan Pokdakan Mina Mutiara adalah Contoh petani ikan yang konsisten,” sebutnya.

Ia mengaku, mereka sudah memiliki pasar yang sudah jelas, bahkan ada 2 konsep yang menjadi target Omzet kesejahteraan salah satunya ikan lele, baru menetas dari indukan saja sudah memiliki pasar, apalagi jika sudah siap  konsumsi.

Baca Juga :  Dirgahayu Party Pamulang Distorsick Bersinergi Menggagas Event Musik Mandiri

“Seharusnya pemerintah Kota Tangerang Selatan pada hal ini dinas pertanian, bidang perikanan cukup jeli dalam Mendistribusikan bantuan-bantuan yang bersumber dari APBD atau uang rakyat,” katanya.

“Jenis kelompok ada 2, menurut saya kelompok baru yang notabennya hanya dibuat untuk event ceremonial, penampung dan ada kelompokan yang unggul Mina Mutiara Pokdakan. Hampir semua orangnya sudah memiliki sertifikat pelatihan tentang lele dari balai pusat sukabumi,” pungkas pria yang akrab disapa Adit ini. (Aryo).