Beranda Berita Photo Distribusikan KIS, Kantor Kelurahan Pedurenan di Gerudug Warga

Distribusikan KIS, Kantor Kelurahan Pedurenan di Gerudug Warga

BERBAGI
Staff_Kelurahan_Pedurenan_Saat_Pendistribusian_KIS_erbmya

Karang Tengah, Beritatangsel.com – Kementeian Kesehatan Republik Indonesia bersama BPJ Kota Tangerang mulai mendistribusikan Kartu Indonesia Sehat (KIS). Ke 13 Kecamatan di Kota Tangerang.

Seperti yang dilakukan pihak Kelurahan Pedurenan, Kecamatan Karang Tengah, Kota Tangerang pada senin (21/12/2015) kemarin sudah memberikan KIS kepada sebagian penerima Kartu Indonesia Sehat yang namanya terdaptar di Kementrian Kesehatan RI.

Seperti dikatakan oleh Kasi Kemasyarakatan Kelurahan Pedurenan Hj. Tatik Yuliahari S.sos, MM. Pemberian Kartu Indonesia Sehat merupakan penganti kartu Jamkesmas dan multiguna yang pendataanya dilakukan pada tahun 2011 lalu, itupun dilakukan langsung oleh pihak kementrian kesehatan tanpa ada kordinasi kepihak kelurahan atau RT/RW setempat.

“Ditahun ini kartu Jamkesmas dan Multiguna sudah tidak berlaku karena sudah diganti dengan KIS yang dibaiayai oleh Kementrian Kesehatan melalui Pemeritah setempat dengan mengunakan APBN,” katanya, Senin (22/12).

Ia juga menjelaskan, Kartu KIS bisa digunakan diruah sakit mana saja berbeda dengan kartu Jamkesmas danultiguna.

“KIS digunakan secara online dan sifatnya nasional bisa digunakan diseluruh rumah sakit yang ada di Indonesia berbeda dengan Jamkesmas dan Multiguna yang sifatnya regional dan hanya bisa digunakan di rumah sakit yang sudah ditunjuk oleh pemerintah sesuai dengan MOU,” paparnya.

Ia juga menambahkan, pihak Kelurahan belum bisa memberiakn dan menentukan berapa jumlah KK yang menerima KIS, sebab masih dalam proses pendistribusian.

“Belum bisa kami menentukan berapa KK yang menerima KIS, masalahnya ini juga masih dalam proses, memang agak lama tapi kan jadi bisa tahu apa keluhan warga yang nantinya bisa dijadikan bahan pertanyaan dan jawaban kepada BPJS Kota Tangerang, iya sambil berjalan kita juga sambil merapikan data-data yang sudah masuk dan memisakan mana yang berhak menerima dan tidak, yang sudah pindah dan meningal,” ungkapnya.

Baca Juga :  Indahnya Berbagi FWJI Kota Tangerang Selatan Kembali Berbagi Jum'at Berkah

Ditambahkannya, warga yang menerima KIS merasa senang dan ada pula yang merasa sedih.

“Seneng dapat bantuan berobat geratis tapi ada juga yang sedih waktu Jamkesmas dapet KIS nggak dapet,” katanya.

Ia juga berharap kepada warga yang menerima KIS jangn terlalu Fokus kepada KIS jadi terkesan berharap sakit. “Angap aja KIS itu hadiah dari Presiden dan tabungan untuk kita,” pungkasnya. (AS)

2016 masyarakat sudah harus mengunakan Kartu Indonesia SehatĀ  adalah program yang dicanangkan oleh Kemntrian Kesehatan Republik Indonesia melalui BPJS Kota Tangerang untuk didistribusikan ditiap Kecamatan yang ada di Kota Tangerang.