Beranda Berita Photo Warga Desak Walikota Tangsel Selamatkan Situs Makam Keramat Pulo  

Warga Desak Walikota Tangsel Selamatkan Situs Makam Keramat Pulo  

BERBAGI
Situs Makam Kramat Pulo

 

Situs Makam Kramat Pulo
Situs Makam Kramat Pulo

Pamulang, BT.C-Warga Kelurahan Pamulang Timur mendesak Walikota Tangerang Selatan, Hj. Airin Rachmi Diany, SH., MH., selamatkan Situs Makam Keramat Pulo. Demikian disampaikan Arwadi warga Pamulang Timur, Ahli Waris dari Keluarga Engkong Main bin Samu/Engkong Sian, pengurus makam tersebut, mewakili warga, kepada Beritatangsel.com di Pamulang, Minggu, 12/10/2015.

Seperti diketahui bahwa Pamulang adalah kawasan yang akan terkena Proyek Jalan Tol yang akan melintasi Serpong-Pamulang-Cinere. Diketahui pula bahwa Makam Keramat Pulo merupakan titik yang akan dilewati jalan tol tersebut sehingga harus dipindahkan, warga keberatan, kata Arwadi.

Situs Makam Keramat Pulo (Makam Awliya/Wali Allah/Leluhur) terletak di Jalan Pinan RT/RW 01/18 Pamulang Timur, Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan diyakini merupakan bagian dari keunikan adat istiadat dan sejarah (kearifan local) yang ada di Pamulang.

“Situs Makam Keramat Pulo ini sudah sangat tua dan terawat rapi sejak sekira tahun 1580, ini merupakan cagar budaya yang harus dilestarikan, kami berharap jalur jalan tol bisa digeser sehingga tidak menerabas makam tersebut,” papar Arwadi.

Surat permohonannya sudah kami kirimkan kepada Ibu Walikota. Kami mohon Pemerintah Kota Tangerang Selatan dapat mencatat Situs Makam Keramat Pulo sebagai bagian dari keunikan adat istiadat dan sejarah (kearifan lokal) yang ada di Pamulang. (Iskandar)

Baca Juga :  Airin Apresiasi Bamus Tangsel