Beranda Berita Photo Kejar Perilaku Kehidupan Sehat per Rumah Tangga, Pemkot Tangsel Galakkan PHBS

Kejar Perilaku Kehidupan Sehat per Rumah Tangga, Pemkot Tangsel Galakkan PHBS

BERBAGI
Ilustrasi PHBS
Ilustrasi PHBS
Ilustrasi PHBS

Pondok Aren, beritatangsel.com – sesuai dengan visi dan misi, pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) terus berupaya menjadikan kota yang memiliki perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). PHBS sudah masuk dalam program Dinas Kesehatan Kota Tangsel, yang terus digalakkan untuk mencapai kehidupan masyarakat yang layak dan sehat.

“Jadi PHBS itu, memang telah menjadi program utama. Tujuannya diharapkan setiap masyarakat berperilaku bersih dan sehat di masing-masing rumah tangga,” kata Kepala Puskesmas Pondok Kacang Timur dr Salmun kepada Metrotvnews.com, usai Sosialisasi PHBS, di Aula Kecamatan Pondok Aren, Pondok Aren, Tangerang Selatan, Jumat (2/10) seperti diberitakan metrotvnews.

Salmun membeberkan, ada 10 tatanan yang menjadi prioritas Kota Tangsel dalam menggalakkan PHBS. “Persalinan yang ditolong tenaga kesehatan, memberi ASI ekslusif, menimbang balita setiap bulan, menggunakan air bersih, mencuci tangan dengan air bersih dan sabun,” akunya.

Lima poin berikutnya, kata salmun, adalah menggunakan jamban sehat, memberantas jentik SBS rumah sekali seminggu, makan buah dan sayur setiap hari, dan tidak merokok dalam rumah.

Dia berharap, masyarakat Tangsel bisa ber-PHBS sesuai dengan keinginan Dinas Kesehatan Kota Tangsel. Yakni menerapkan 10 poin tersebut. Namun diakui, tetap ada kendala dalam menerapkan hal tersebut.

“Ya memang, namanya perilaku sulit untuk diubah. Cuma, kita tetap berupaya untuk bisa berperilaku hidup bersih dan sehat,” jelasnya.

Salmun beserta Kapala Puskesmas dan kader kesehatan yang bernaung di Tangsel tetap berharap program PHBS bisa berjalan sesuai dengan perintah Wali Kota Airin Rachmi Diany. Hingga tercapai tujuan dari PHBS, yakni Kota Sehat.

“Tujuannya kalau sudah semua bisa melaksanakan, dan bisa berkehidupan sehat. Diharapkan semua kehidupan masyarakat di Tangsel, meningkat,” tutupnya.

Baca Juga :  Pastikan Sehat, Dinkes Tangsel Fasilitasi Calon Jamaah Haji Cek Kehatan

Seperti diketahui, kota yang kini dipimpin Airin Rachmi Diany dan Benyamin Davnie sedang mengejar predikat kota sehat. Tak hanya melalui PHBS di rumah tangga, Benyamin sempat menuturkan, Pemerintah Kota Tangsel juga berjuang melalui perwujudan beragam infrastruktur terkait program tersebut. “Penyediaan infrastruktur kota sehat, seperti ada taman kota, taman, jalur sepeda, pedestrian, dan lainnya,” ujarnya.

“Kota yang baru seumur jagung ini terus berbenah., Pemkot tangsel terus berupaya membangunan taman-taman kota, guna membangun kota yang layak dan sehat. Tak hanya itu, Wali Kota Airin bahkan meminta setiap kecamatan membangun taman dan ruang terbuka hijau (RTH),” tuturnya.(*)

Sumber : metrotvnews.com