Beranda Berita Photo Ahok Didesak Batalkan Rencana Legalisasi Daging Anjing  

Ahok Didesak Batalkan Rencana Legalisasi Daging Anjing  

BERBAGI
ilustrasi
ilustrasi

ilustrasi
ilustrasi

BT.COM – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama sempat melontarkan pernyataan akan membuat Peraturan Gubernur (Pergub) melegalkan daging anjing. Karena langsung ditentang, akhirnya pria yang akrab disapa Ahok itu langsung menarik kembali rencananya.

Ketua Dewan Pembina Garda Satwa Indonesia (GSI), Cyril Roul Hakim mengatakan, meski Ahok membatalkan rencana mengeluarkan Pergub menuai kontroversi itu, tetapi aktivis pecinta binatang mengaku tidak akan berhenti berkampanye agar daging anjing tidak dilegalkan.

“Apa yang kami lakukan ini tidak mengada-ada, itu tertuang dalam aturan yang dikeluarkan organisasi kesehatan dunia WHO,” kata Cyril di Wisma Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat.

Dia berharap, pemerintah memberikan perhatian lebih terhadap aturan mengonsumsi daging anjing. Kemudian langkah selanjutnya GSI akan melakukan komunikasi dengan Provinsi DKI Jakarta, supaya aspirasi mereka bisa ditampung.

“Mungkin selanjutkan kami akan melakukan konsolidasi, atau meminta untuk diundang supaya lebih tuntas membicarakan soal legalisasi daging anjing ini,” tutur dia.

Cyril mengatakan, selain anjing merupakan hewan peliharaan, kekhawatiran lainnya dari anggota GSI adalah banyaknya anjing terjangkit rabies dan malah dikonsumsi oleh manusia.

“Kami sudah temukan banyak fakta di lapangan, anjing itu tidak tahu dari mana asalnya dan masuk ke Jakarta sangat bebas,” ucapnya.

Laporan: Rohimat Nurbaya

 

Baca Juga :  2 Terluka Akibat Angkot Ugal-ugalan Tabrak Motor di Curug