Beranda Berita Photo Badai Berkecepatan 354 km/jam Menuju Tiongkok dan Jepang

Badai Berkecepatan 354 km/jam Menuju Tiongkok dan Jepang

BERBAGI
badai di jepang
badai di jepang
badai di jepang
badai di jepang

BT.COM – Badai bernama Soudelor sedang bergerak di bagian barat Samudera Pasifik. Kecepatan badai tersebut diperkirakan mencapai 354 km/jam.

Badai tersebut diperkirakan lebih kuat dari Topan Pam yang menghantam Vanuatu, pulau di Samudera Pasifik, lima bulan lalu. Topan Pam sendiri telah sedikitnya menewaskan 15 orang.

Menurut Joint Typhoon Warning Center badai berbahaya itu termasuk dalam kategori maksimal lima. Badai Soudelor telah menghancurkan seluruh Marianas Utara pada Selasa, 4 Agustus 2015lalu.

“Saya telah melihat beberapa tiang listrik rusak dan beberapa mobil terbalik di jalan, juga banyak atap rumah mengalami kerusakan hebat,” kata Direktur Eksekutif Palang Merah Amerika John Hirsh kepada Pasifik Daily News.

Dikatakan Soudelor akan terus melaju di perairan terbuka Laut Cina Selatan. Tetapi, diharapkan Badai Soudelor yang menyapu perairan terbuka itu bisa mulai melemah.

Sehingga, ketika badai itu menghantam bagian selatan Jepang, Taiwan, dan Tiongkok, kategorinya bisa turun hingga empat atau tiga. Topan tropis dan badai biasanya terbentuk di Pasifik barat antara bulan Mei dan Oktober.

Akibat dari hempasan badai Soudelor, hampir 400 orang yang mengungsi di tempat pengungsian. Badai itu merobek atap rumah dan penduduk, serta mengakibatkan rusaknya layanan listrik, air dan air limbah.

Baca Juga :  Satpoll PP Bantah, Adanya Tempat mesum di Halte