Beranda Berita Photo Hikmah Beribadah Puasa di Bulan Ramadhan

Hikmah Beribadah Puasa di Bulan Ramadhan

BERBAGI

RamadanBT.com – Ibadah puasa di bulan suci Ramadhan merupakan kewajiban untuk seluruh umat muslim di dunia. Di bulan Ramadhan juga seluruh umat muslim dapat berlomba-lomba meraih pahala yang sebanyak-banyaknya. Bulan Ramadhan ini juga bisa dikatakan bulan penuh hikmah.

Dikatakan bulan penuh hikmah karena bulan suci ini banyak sekali keutamaan atau manfaat didalamnya. Bukan hanya sebatas menahan rasa lapar dan haus saja, namun saat kita menjalankan puasa harus memetik hikmah dengan amalan-amalan ibadah lainnya seperti tilawah Al Qur’an, i’tikaf, menjalankan ibadah-ibadah sunnah, bersedekah, silaturrahim, dan lain sebagainya.

Jadi sebaiknya kita mengambil hikmah dari bulan Rammadhan ini agar terus dapat dilakukan di bulan-bulan lain. Adapun hikmah-hikmah yang didapat di bulan suci ramadhan, berikut ulasannya:

  1. Lebih Peduli Terhadap Sesama Umat Islam

Islam sangat menganjurkan untuk peduli terhadap sesama. Salah satunya Allah mengajarkan umat islam untuk peduli dengan cara berpuasa. Dalam bulan Ramadhan ini akan sangat jelas saat orang merasakan rasanya menahan lapar dan berbagi. Dan di saat memberikan zakat fithri nanti akan lebih peduli lagi terhadap sesama umat muslim.

  1. Terlatih untuk disiplin waktu

Bagi sebagian orang, begadang merupakan sebuah kebiasaan. Namun di bulan Ramadhan kebiasaan tesebut bisa dikurangi. Alasannya agar saat menjalankan ibadah puasa tubuh tetap fit serta kuat disaat menjalankan puasa di siang hari. Maka tubuh pun akan membutuhkan istirahat yang cukup, hal tersebut akan membuat kita tidur lebih teratur.

Jadi dibulan suci ini tak ada lagi yang namanya begadang. Sebab jika kita begadang, maka tubuh akan sulit bangun pagi untuk makan sahur. Jika sahur puasa tidak dilakukan, maka tubuh akan merasa lemas dan kehilangan sumber tenaga untuk aktifitas seharian penuh.

  1. Mempererat tali silaturrahim
Baca Juga :  Pemilihan Ketua Karang Taruna Sub RW 02 Kelurahan Mekarsari Kecamatan Neglasari Kota Tangerang Periode 2021-2024

Di dalam islam telah diajarkan bahwa sesama muslim itu haruslah dapat menjaga tali persaudaraan atau silaturrahim yang erat. Jika diperhatikan, di bulan suci ramadhan inilah, kebanyakan orang akan memberikan ta’jil di berbagai masjid secara gratis. Shalat bersama-sama seperti tarawih di masjid, memberikan banyak sekali ilmu-ilmu dalam islam yang masih belum diketahui dalam ceramah-ceramah agama yang sangat penting.

Demikianlah hikmah yang dapat diambil pada bulan Ramadhan. Sebenarnya masih banyak, namun hanya hal-hal itulah yang bisa kami tulis dan informasikan. Semoga bermanfaat untuk kita semua di bulan Ramadhan ini.